blank
Sejumlah petugas medis tengah melakukan rapid test pada warga di komplek Pasar Wadaslintang Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo terus berusaha menuntaskan proses pelacakan terhadap potensi warga terpapar virus Corona.

Setelah menggelar rapid diagnostic test (RDT) di sejumlah titik keramaian seperti Pasar Induk Wonosobo, Rita Pasar Raya, Pasar Kertek, Pasar Garung dan pasar Hewan, Kamis (28/5) pagi ini, dilakukan RDT di Pasar Wadaslintang Wonosobo.

Di pasar tradisional yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Wonosobo tersebut, sebanyak 50 alat RDT dialokasikan demi menjaring adanya potensi warga yang terpapar virus Corona.

“Sasaran sebagian besar merupakan target yang acak seperti pedagang, pengunjung petugas parkir sampai buruh pikul,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Wonosobo, dr Mohammad Riyatno ketika ditemui di sela kegiatan RDT.

Selain itu, sejumlah unsur yang mengikuti rapid test tersebut, menurut Riyatno adalah warga dari sejumlah desa di Kecamatan Wadaslintang yang memang merasakan gejala mengarah pada Covid-19, seperti demam, batuk maupun sesak nafas.

Dengan upaya melacak potensi-potensi penularan tersebut, maka apabila ada yang menunjukkan hasil reaktif, pemerintah akan dapat melakukan tindak lanjut berupa penanganan secara lebih cepat, sehingga tidak sampai menimbulkan potensi resiko lebih besar bagi penderita.

Sejauh ini, dr Riyatno menyebut, upaya pelacakan dengan metode random RDT sudah menghasilkan sejumlah warga reaktif, dan langsung dilakukan tindak lanjut dengan isolasi yang bersangkutan di rumah sakit, untuk kemudian dilakukan tes PCR atau swab.

Inisatif Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Wonosobo untuk berikhtiar serius dengan melacak potensi penularan melalui random rapid test di sejumlah titik keramaian, mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo.

Upaya Preventif

blank
Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo memantau langsung proses rapid test di komplek Pasar Wadaslintang Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Wabup mengaku terkesan dengan semangat tim di Gugus Tugas yang tak kenal menyerah menghadapi wabah Covid-19 dan tetap mengedepankan upaya preventif demi melindungi warga masyarakat Wonosobo.

“Kesungguhan dan komitmen para petugas di Gugus Covid-19 ini layak kita apresiasi dan tentu saya mendukung sepenuhnya langkah untuk secepatnya menuntaskan masa pandemi Corona di Wonosobo ini,” tandas Agus Subagiyo.

Kepada warga Wadaslintang khususnya dan Wonosobo pada umumnya, Agus juga menyampaikan pesan agar terus menjaga semangat, terus berdoa dengan sungguh-sungguh, serta menaati protokol kesehatan Covid-19 agar terhindar dari paparan virus Corona.

Senada, Wakil Ketua DPRD Wonosobo, Agus Riyadi yang juga hadir langsung di lokasi RDT, menyebut upaya Gugus Tugas Covid-19 sudah sangat bagus dan selayaknya ditindaklanjuti ke beberapa tempat lain.

“Ini sudah bagus dan kami di legislatif jelas sangat mendukung upaya-upaya pemberintak untuk secepatnya memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Wonosobo, agar warga masyarakat juga bisa kembali beraktifitas seperti biasa dan perekonomian nya segera bangkit,” tegas Agus.

Menurutnya, selain upaya serius pemerintah daerah, pemutusan rantai penyebaran Covid-19 juga harus didukung penuh oleh warga, sehingga prosesnya akan bisa lebih cepat.

Muharno Zarka-Wahyu