blank
Bupati Pacitan, Indartato didampingi istri, mengadakan dialog jarak jauh dengan para pejabat dan aparat di lingkup Pemkab Pacitan. Ini dilakukan dalam acara halalbihalal saling bermaafan melalui Vidcon.(Foto: Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Halalbihalal jarak jauh Bupati Pacitan, Indartato, dengan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Pacitan, Jatim, digelar melalui video conference (Vidcon). Ini dilakukan dalam upaya untuk menjaga protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19.

Halalbihalal dengan Vidcon, ini menjadi sejarah yang baru pertamakalinya terjadi dalam tradisi halalbihalal Hari Raya Lebaran Idul Fitri di Tanah Air. Selama ini, acara halalbihalal perayaan Lebaran, selalu dilakukan dengan bertemu langsung, melalui event kumpul-kumpul yang melibatkan banyak orang dan diakhiri dengan saling berjabat tangan.

Tapi, gara-gara ada wabah virus corona, tradisi seperti yang lazimnya terjadi selama ini tersebut, tidak mungkin dapat dilakukan. Hal ini terkait dengan adanya protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19. Sebagaimana dianjurkan dalam physical distancing, untuk jaga jarak dan menghindari berkumpul.

Hari Pertama
Tim Humas Pemkab Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, mengabarkan, acara halalbihalal Bupati dengan jajarannya dilakukan Selasa (26/5). Momentum ini, memanfaatkan event hari pertama masuk kerja pasca-libur lebaran.

blank
Untuk melakukan dialog acara halalbihalal saling maaf-memaafkan, di ruang kerja Bupati Pacitan dipasang layar monitor, agar saling terjadi koneksi secara timbal-balik.(Foto: Humas Pacitan)

Berbeda  dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, prosesi halal bihalal tahun ini para ASN tidak berkumpul di Pendapa Kabupaten Pacitan, namun melalui teknologi Vidcon yang terkoneksi dengan kantor dinas dan instansi masing-masing.

Meskipun ini menjadi sesuatu yang baru, tapi pelaksanaan halal bihalal melalui Vidcon ini, berlangsung gayeng dan khidmat. Bupati Indartato bersama Wakil Bupati Yudi Sumbogo, masing-masing didampingi istri. Ikut mendampingi, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, yang menerima satu-persatu ucapan lebaran dari para kepala perangkat daerah beserta jajarannya.

Salam Lebaran

Berbagai cara dan gaya penyampaian dalam mengucapkan salam lebaran dan permohonan maaf, tampil secara unik dalam prosesi halalbihalal melalui jejaring Vidcon. Tak jarang, ekspresi para ASN tampak lucu, lugas, dan mengundang gelak tawa. Ada yang bersemangat layaknya gaya komando, ada juga yang halus berbahasa jawa.

Bupati Indartato, menerima satu-persatu salam lebaran dan ikrar untuk saling memaafkan, serta menyampaikan salam balasan mewakili pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan. Bahkan dalam setiap kesempatan membalas salam lebaran, Bupati menyertakan pula pesan penting, yakni terkait penanganan Covid-19.

blank
Bersamaan dengan acara halalbihalal Lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati Pacitan Indartato juga menyampaikan imbauan agar semua pihak berdisiplin melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.(Foto: Humas Pacitan)

Pada bagian lain dalam dialognya di media Vicon itu, Bupati juga memberikan pesan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing dinas dan isntansi. “Saya mengimbau agar semua tetap menjalankan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran wabah Covid-19, ” kata Bupati.

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi jejaring Vidcon, menjadi pilihan terbaik untuk tetap dapat melakukan silaturahmi lebaran, di tengah pandemi Covid-19. Bahkan sejak lebaran hari pertama, bupati dan keluarga telah membuka silaturahmi melalui Vidcon dengan masyarakat umum.

Kepada masyarakat, Bupati Pacitan, Indartato, mengimbau untuk tetap bersikap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona.

Bambang Pur

blank
blank
blank
blank