blank
Sebagian personel Akademi Militer Magelang sedang menjalani  lari mengitari lintasan atletik Stadion Sapta Marga, kompleks Akmil Magelang untuk menjalani tes kesamaptaan jasmani. Foto : Suarabaru.Id/ Dok. Penhumas Akmil.

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sebanyak  230 personel Akademi Militer Magelang  mengikuti tes kesamaptaan jasmani dengan mengambil lokasi di Stadion Sapta Marga, Kompleks Akademi Militer Magelang, Rabu (27/5).

“Ke-230 personel Akmil yang mengikuti tes kesamaptaan tersebut,  terdiri atas 123 orang untuk syarat  ujian kenaikan pangkat,  22 orang calon peserta  Pendidikan Seskoad, 49 orang peserta capassus dan 36  lainnya calon peserta  Pendidikan Lanjutan Perwira II,” kata Direktur Pembinaan Lembaga Akmil Magelang, Kolonel (Inf) Ujang Darwis.

Ujang Darwis mengatakan, tes kesamaptaan tersebut dilakukan untuk  memelihara dan meningkatkan kemampuan fisik  para personel, untuk mendukung kelancaran tugas pokok di satuan Akmil Magelang.

Menurutnya, kesegaran jasmani  tersebut  program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, khususnya personel Akmil Magelang yang dilakukan secara periodik maupun untuk persyaratan ujian kenaikan pangkat dan calon peserta Pendidikan lanjutan.

“Selain itu  tes kesegaran jasmani ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala,” katanya.

Ia berharap, seluruh personel Akmil yang mengikuti tes kesamaptaan jasmani tersebut melaksanakan secara serius dan sunguh-sunguh serta semangat yang tinggi  untuk mencapai target hasil yang optimal.

Adapun materi materi tes kesamaptaan tersebut antara lain Samapta A , yaki lari dengan waktu tempuh selama 12 menit dan Samapta B berupa pull up, sit up, push, lunges, shuttle run dan renang jarak 50 meter.

“Sebelum pelaksanaan tes , terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung  seperti  Elektrokardiogram (EKG), cek tensi tekanan darah yang dilakukan tim kesehatan Akademi Militer,” katanya didampingi Kepala Departemen Jasmani Akmil, Kolonel ( Inf) Agus.

Yon-trs