blank
Hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran , para  ASN di lingkungan Pemkab Temanggung beraktivitas mengerjakan tugas-tugas kedinasan. Foto: Suarabaru.Id/ Dok. Humas Pemkab Temanggung

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)-  Pemerintah Kabupaten Temanggung masih menerapkan work form home (WFH) bagi sebagian aparat sipil Negara (ASN), setelah libur hari raya Idul Fitri. Dan pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran, mereka beraktivitas kembali.

“Dari hasil inspeksi mendadak di sejumlah organisasi perangkat daerah dan dipimpin Sekda Temanggung, sebagian besar para ASN telah masuk kerja kembali. Kecuali yang WFH,”kata Kabag Humas Pemkab Temanggung, Sumarlinah, Selasa ( 26/9).

Sumarlinah mengatakan, pada inspeksi mendadak tersebut juga  ada sejumlah pegawai di beberapa OPD  yang  WFH  tetapi masuk ke kantor dengan alasan ada rapat koordinasi dan ikut berhalal bihalal OPD.

Pascalibur Idul Fitri 1441 H/Lebaran 2020, para pegawai yang tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung kembali masuk kerja haro pertama guna beraktivitas kedinasan Selasa ( 26-05-2020 ).

Menurutnya, yang membedakan hari masuk kerja pertama setelah liburan Lebaran tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni tidak ada apel pagi karyawan dan halal bil halal dengan unsur pimpinan.

“Para ASN yang masuk  tersebut  langsung beraktivitas mengerjakan tugas-tugas kedinasan seperti hari -hari biasa,” katanya.

Sumarlinah menambahkan  meskipun  tanpa adanya  halal bil halal, namun tidak mengurangi semangat pegawai dalam bekerja baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat dengan menaati aturan kepegawaian .

Sedangkan, acara halal bil halal  yang dilaksanakan di internal masing-masing OPD dilakukamn secara sederhana. Yakni, bermaaf-maafan antarpegawai tanpa berjabat tangan  dan tidak ada ceramah uraian hikmah halal bihalal.

Sumarlinah menjelaskan, jumlah Aparat Sipil Negara di jajaran Pemkab Temanggung saat ini sebanyak 6.525 orang. Namun, yang masuk bekerja hanya  1.781 orang. Hal itu karena, dari jumlah total 6.525 orang, 2963 orang lainnya merupakan ASN guru yang tersebar di puluhan sekolah baik tingkat SD hingga SMP sederajat. Dan saat ini, untuk sekolah masih libur.

“Sedangkan, yang  ASN di lingkungan Pemkab Temanggung yang bekerja dari rumah hampir separoh yang hari ini aktif bekerja di kantor,” ujarnya.

Yon-trs