blank
SEKSAMA: Ganjar, Stikoh dan Zinedine secara seksama memperhatikan warga yang ingin bersilaturahmi dengan cara virtual. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Open House bergaya virtual digelar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu (24/5/2020) pagi. Bersama istri dan anaknya, Siti Atikoh dan Zinedine Alam, Ganjar menyapa masyarakat melalui aplikasi Zoom dan beberapa akun media sosialnya, Instragram, Facebook dan YouTube.

Di aplikasi Zoom, Ganjar sengaja membuka ruang meeting bersama ribuan masyarakat. Digelar dari rumah dinas Gubernur Jateng, Puri Gedeh Semarang, dia menyapa masyarakat dari berbagai daerah. Bahkan beberapa di antaranya juga berasal dari luar negeri.

”Rasanya aneh juga buat saya, karena baru yang pertama. Tapi asyik juga, ada dari mancanegara ternyata yang ikut,” kata Ganjar.

BACA JUGA : Ganjar Berlebaran dan Gelar Griya Secara Daring

Dalam pertemuan itu, Ganjar bisa saling menyapa dengan ratusan orang. “Meeting” terbagi dalam beberapa sesi, yang di setiap sesi diikuti 75 orang. Secara acak, Ganjar menyapa beberapa orang dalam setiap sesi.

”Maaf, saya tidak bisa menyapa semuanya, mau secara acak saja. Salam buat keluarga ya, mohon maaf lahir dan batin. Kita berdoa semoga pandemi ini segera berlalu,” ucap Ganjar.

Meski tidak semua disapa Ganjar, namun susana berjalan sangat cair. Terlebih di setiap pergantian sesi, Ganjar juga menyelipkan hiburan berupa video pertunjukan dari Panggung Kahanan. Hal itu juga membuat warga yang mengikuti open house virtual tidak canggung menyapa Ganjar dan keluarganya.

blank
PERKENALAN: Ganjar memperkenalkan satu persatu anggota keluarganya kepada warga yang menyapangya melalui aplikasi zoom meeting. Foto: heri priyono

Bikin Rendang
Eliya Pangalo, misalnya, warga Sulawesi Barat. Dia mengatakan bisa mengikuti open house virtual itu, setelah mengirim permintaan “meeting” bersama dengan menyertakan nama beserta kota asalnya, Polewali Mandar.

”Sudah lama tidak keluar rumah ini Pak. Tidak percaya bisa ketemu Pak Ganjar. Salam ya buat keluarga, bapak. Mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya.

Beda pula saat Korirafli, ibu-ibu asal Kota Padang Sumatera Barat yang juga ikut menyapa Ganjar. Dia berkisah, bagaimana dirinya menjalani Lebaran tanpa keluar rumah. Bahkan dia terpingkal-pingkal, saat Ganjar menanyakan apakah dia tetap membuat rendang di masa pandemi ini.

blank
LUAR NEGERI: Selain warga Jateng, beberapa warga dari Sulawesi, Sumatera Barat bahkan dari Korea Selatan juga ikut dalam meeting ini. Foto: heri priyono

THR Mudik
”Semoga bapak tetap sehat ya, juga ibu dan masnya. Mohon maaf ya pak,” tandas dia. Total sekitar 500 warga disapa Ganjar saat “meeting zoom” selama dua jam. Di sela-sela kegiatan itu, Ganjar juga membuka live di akun media sosialnya, Instagram, Facebook dan YouTube.

Riyan salah satunya, pemuda asal Grobogan yang bekerja di Korea Selatan. Dalam penyampaiannya, Riyan membuat Ganjar dan istri tertawa terbahak-bahak.

”Di sini saya dan teman-teman sehat pak. Alhamdulillah pak yang mudik THR-nya. Mohon maaf lahir dan batin Pak,” guraunya, yang membuat Ganjar, Atikoh dan Zinedine Alam tertawa terbahak-bahak.

Heri Priyono-Riyan