blank
MELUBER - Warga Kota Tegal yang melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Agung Kota Tegal meluber hingga ke alun-alun. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditutup dan menjadi zona hijau, warga Kota Tegal, melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H di Masjid Agung Kota Tegal, Minggu (24/5/2020).

Pelaksanaan shalat dengan memperhatikan protokol kesehatan. Puluhan petugas dari yayasan dan pengurus Masjid Agung Kota Tegal ditempatkan di beberapa sudut dengan dilengkapi hand sanitezer menghadang para jamaah yang hendak memasuki kawasan masjid.

Begitu juga saat hendak memasuki beranda masjid, tempat cuci tangan dengan air mengalir ditempatkan di pintu masuk. Beberapa petugas dengan menggunakan thermogun memeriksa suhu para jamaah. Tahap terakhir jamaah diwajibkan masuk bilik sterilisasi untuk memasuki masjid.

”Kapasitas masjid Agung Kota Tegal, dengan tanpa jarak menampung sekitar 4.500 jamaah. Untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri saat ini karena kita menggunakan dengan jarak, menjadi 1.000 jamaah,” kaya salah seorang pengurus Masjid Agung Tegal, Abdul Hayi.

Untuk jamaah yang berada di luar masjid, baik yang di jalan maupun di alun-alun, Hayi memperkirakan juga sekitar 1.000 jamaah.

“Kepada Pemerintah Kota Tegal, Dinas Kesehatan dan Puskesmas, termasuk petugas mobil ambulance dan tenaga medis, pengurus Masjid Agung mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan protokol kesehatan pada shalat Idul Fitri. Mohon maaf kalau ada yg tidak berkenan. Jazaa kumullah ahsanal jaza,” ungkap Hayi.

Wakil Walikota Tegal, M Jumadi usai mengikuti shalat Idul Fitri mengatakan, kita harus menghormati juga masyarakat muslim. “Yang kedua, daripada kita tidak menghadiri, mereka tidak paham tentang protokol kesehatan, kemudian mereka tidak taat aturan. Lebih baik saya hadir untuk meyakinkan semuanya tertib aturan, kemudian kita memberikan arahan kepada semua jamaah untuk tidak bersalaman, menjaga jarak dan sebagainya,” katanya.

“Karena Kota Tegal sudah zona hijau, saya kira apa pun yang kita lakukan sudah mengikuti prosedur dengan baik. Pelaksanaan juga cuma sebentar. Tadi khotbah juga kita minta untuk tidak lama-lama, paling sekitar 30 menit,” tutur Jumadi.

“Seluruh masyarakat Kota Tegal, sekarang sudah melaksanakan shalat Idul Fitri. Dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan shalat Idul Fitri, lancar semua tertib dan mudah-mudahan tidak terjadi susuatu yang tidak kita inginkan,” pungkas Jumadi.

Di Kota Tegal, sedikitnya ada 10 Masjid yang melaksanakan shalat Idul Fitri yakni, Masjid Agung, Masjid Panggung Jl KH Mukhlas, Masjid Baitul Hikmah Jl Wisanggeni, Masjid Uswatun Hasanah Jl Teuku Cikditiro, Masjid At Taqwa Jl Bawal, Masjid Tsumery Jl Mataram, Masjid Baitussalam Jl Arjuna, Masjid Baitul Makmur Ni’mah Jl Al Falah Pekauman, Masjid Baiturrohman Jl Sepat dan Masjid Sabilul Huda Jl Ki Hajar Dewantoro.

Nino Moebi