Bagikan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebuah truk tangki pengangkut bahan bakar minyak terbakar saat hendak melakukan pengisian BBM jenis pertalite di sumur penampungan SPBU Wirosari, Sabtu (23/5/2020).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, insiden ini berawal saat sopir mobil tangki, Sri Raharjo (43), warga Kabupaten Klaten, hendak mengisi sumur penampungan tersebut. Ia naik ke tangki dan mengecek adanya aliran yang tersumbat. Lalu, Sri Raharjo meminta kernet, Sukino, untuk mengambilkan deepstick (tongkat pengukur yang biasa dimasukkan ke dalam tangki) , guna memperbaiki sumbatan tersebut.

Saat terjadi kebakaran truk tangki ini menyebabkan warga berduyun-duyun menghindari area pom bensin. Foto : Ist.

Saat dimasukkan ke dalam tangki, ujung deepstick menyentuh kabel listrik yang berada di atasnya. Terjadi ledakan kecil dan kemudian menyebabkan pengemudi truk tangki ini terlempar. Ledakan ini mengakibatkan percikan api dan kemudian api menyambar bagian lain mobil tersebut. Kobaran api semakin membesar. Petugas SPBU mencoba memadamkannya dengan tabungalat pmadam api ringan.

Peristiwa kebakaran ini kemudian dilaporkan ke Polsek Wirosari dan Pos Damkar Wirosari. Mendapatkan informasi dari masyarakat, tim damkar beserta tim dari Polsek Wirosari dan tim Inafis Polres Grobogan langsung mendatangi lokasi kejadian.

“Benar terjadi kebakaran truk tangki di SPBU Wirosari. Kejadian sekitar pukul 12.30 WIB dan api bisa dipadamkan. Penyebabnya deepstick yang dipergunakan sopir menyentuh kabel listrik yang posisinya tepat di atas truk tangki,” kata Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Andi Mohammad Akbar Mekuo, saat dikonfirmasi.

Dikatakan AKP Andi, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, Sri Raharjo selaku pengemudi truk tangki tersebut mengalami luka bakar di kaki dan pergelangan tangan.  “Korban dibawa ke RS Panti Rahayu Yakkum untuk mendapatkan perawatan,” jelasnya.

Adanya kejadian ini, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengusaha SPBU untuk memperhatikan standard operating procedure (SOP). “Kepada para pengusaha SPBU, dalam setiap pengisian BBM di SPBU, agar selalu memperhatikan SOP. Dan itu seharusnya dilakukan kepada para pekerja dilatih secara profesional,” imbaunya.

Hana Eswe-trs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here