blank
MEMUKAU - Salah satu peserta menyajikan tari tradisional yang memukau penonton.

SLAWI (SUARABARU.ID) – Konser Amal Seniman Tradisi Tegalan sukses dilaksanakan. Acara yang dilakukan secara live streaming melalui youtube dan facebook Humas Pemkab Tegal selama tiga jam ini, berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 7.600.000.

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Konser Seniman Tradisi Tegalan menampilkan enam pertunjukan yang luar biasa, seperti Tari Endel, Balo-balo, Puisi Tegalan, lagu–lagu khas Tegalan, fragmen wayang lima dimensi dan juga bincang-bincang oleh para maestro yang ada di Kabupaten Tegal, Rabu (20/5) malam lalu.

Selain didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tegal, konser amal ini juga didukung oleh Organisasi Karang Taruna, Sanggar Satria Laras dan juga para pengamat seni yang ada di Kabupaten Tegal.

Ketua Karang Taruna, Edi Gemblong dalam sambutanya menyampaikan, bahwa kegiatan konser amal ini terinspirasi karena adanya covid-19 yang membuat sendi-sendi kehidupan tersendat, khususnya untuk para seniman.

“Mudah-mudahan konser ini tidak hanya berhenti di sini, serta untuk selanjutnya bisa mengajak oragnisasi-organisasi lain. Covid-19 tidak boleh menghetikan kita dalam berkarya dan berkreatifitas,” harapnya.

Dalam konser tersebut, selain menampilkan pertunjukan, para maestro seni juga bercerita tentang bagaimana asal muasal dari sebuah kesenian yang ada di Kabupaten Tegal, serta bagaimana fungsi dari kesenian tersebut dapat diciptakan.

Perwakilan maestro Tari Endel Nur Wahyu menyampaikan, bahwa ia sangat berharap Tari Endel yang sudah di SK-kan oleh Bupati ini, bisa berkembang dan diberi dukungan untuk dijadikan tarian khas dari Kabupaten Tegal.

“Untuk menjadi tari khas itu butuh berbagai macam dukungan. Saya berharap tarian khas ini bisa dimasukan di kurikulum pendidikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal,” harapnya.

Selain itu, para seniman juga berbincang sekaligus mengenang sosok dari maestro seni yang luar biasa, yaitu Ki Enthus Susmono. Sebagaimana kita tahu, bahwa Ki Enthus merupakan seniman yang karyanya telah diakui oleh dunia.

Salah satu seniman yaitu Dalang Ki Carito mengaku, bahwa dirinya sangat mengagumi sosok ki Enthus yang memiliki banyak karya dan prestasi hingga akhir hayatnya dan menyebut bahwa ki Enthus adalah “Pahlawan Seni Sejati”.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tegal, Imam Jun juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pendukung, sehingga konser amal ini dapat terlaksana dengan sukses.

“Saya juga berharap, para penerus seni bisa diberikan Ilham, supaya nantinya bisa meneruskan kesenian-kesenian, khususnya kesenian yang ada di Kabupaten tegal dengan lebih baik,” katanya.

Kendati demikian, donasi untuk para seniman akan terus dibuka selama adanya pandemi wabah Covid-19. Masyarakat dapat berdonasi untuk membantu para seniman melalui Rekening Donasi Bank Jateng 2-035-26856-4 a/n karang taruna Kabupaten Tegal.

Arif Rahman