Bagikan
Pemeriksaan Rapid Test oleh tim medis Puskesmas Jepara di Pasar Jepara Satu (fOTO : Hadepe)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Rapid Diagnostik  Test (RDT) yang dilaksanakan Sabtu siang (23/5-2020) di Pasar Ratu, Saudara Swalayan Tahunan dan Pasar Mayong terhadap 203  pengunjung dan pedagang, hasilnya  9 orang menunjukkan reaksi reaktif. Artinya berdasarkan pemeriksaan  dengan menggunakan RDT,  9 orang tersebut diduga telah terpapar virus corona.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, dr Fakhruddin kepada media seusai memantau pelaksanaan Rapid Test ditiga tempat tersebut sore tadi.

Baca Juga: Jepara Catat 17.562 Pemudik, Gelar Rapid Tes di Pasar dan Swalayan

“Mereka berasal dari berbagai kecamatan. Sebagian besar yang positif memiliki riwayat perjalanan dari  daerah transmisi lokal.  Namun  disayangkan mereka tidak disiplin melakukan karantina mandiri,” ujar Fakhruddin,

Untuk kepastian disgnosisnya,  apakah mereka benar-benar terpapar virus corona atau tidak  maka minggu depan mereka akan menjalani  test swab di RSUD RA Kartini Jepara.

Baca Juga: 44 Pekerja Migran Tiba di Jepara, 2 Orang Jalani Karantina di Jakarta

“Kegiatan tadi siang melibatkan 20 tenaga medis dari Puskesmas Jepara , Tahunan dan Mayong” tambah Fakhrudin yang siang tadi  memantau jalannya pemeriksaan RDT dengan dr Vita Ratih Nugraheni, M.Kes Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumberdaya Kesehatan DKK  Jepara.

Test ditempat umum  ini dilatar belakangi kenyataan  tingginya  angka warga Jepara yang mudik yang jumlahnya  sampai kemarin mencapai  17.562 orang.  Karena itu setelah lebaran nanti akan dilakukan test yang sama di berapa fasilitas umum seperti pasar dan terminal.

Hadepe/Ulil Abshor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here