blank
Penyemprotan disinfektan oleh tim BPBD Jepara dilokasi pabrik

JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah sempat zero covid selama 10 hari lebih, kini tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 kembali disibukkan dengan ditemukannya seorang pekerja pabrik di Kecamatan Batelit yang dinyatakan positif covid 19 berdasarkan tes swab yang dilakukan.

Pasien laki-laki  berbama AK ( 43 th ) tersebut tercatat sebagai warga  Gunungpati Semarang dan bekerja disebuah pabrik  mebel di desa Batealit RT 1 / RW 1.  Namun aktivitas  diluar jam bekerja ia sering berada di dukuh Singgahan Bringin.

Menurut juru Bicara Gugus Tugas Jepara, dr Fakhrudin yang bersangkutan memang bekerja di Batealit. Namun setiap dua hari sekali ia pulang ke Semarang. “Pada tanggal 6-11 Mei ia pulang ke Semarang  Pada tanggal 12 Mei dilakukan skrining oleh petugas Puskesmas Batealit ke perusahaan dan ditemukan AK dalam kondisi batuk dan deman,” ujar Fakhrudin Kamis (21/5-2020) malam

blank
Penyemprotan di pabrik tempat AK bekerja

Setelah dilakan pemeriksaan darah terhadap yang bersangkutan didapatkan hasilnya     mengarah ke covid sehingga pada tanggal 14 Mei  dirujuk ke RSUD RA Kartini. Tanggal 15 dan 16 dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Namun karena kondisinya stabil pada tanggal 17  Mei ia diijinkan pulang dan menjalani isolasi mandiri,” papar Fakhrudin. Namun pada tanggal 18 Mei AK pulang ke Gunungpati Semarang dan ternyata setelah hasil pemeriksaan laboratorium keluar ia dinyatakan positif covid – 19.

Tium Gugus Tugas Kecamatan Batealit langsung melakukan pelacakan orang yang pernah kontak langsung jarak dekat dengan AT.  “ Tim menemukan ada 27 orang  yang melakukan kontak langsung dengan yang bersangkutan.

Tim juga melakukan pelacakan ulang orang yang kontak erat dan ditemukan kembali 21 orang. Mereka pada hari Jumat dan Sabtu ini akan dilakukan pemeriksaan swab. Sedangkan di Semarang ditemukan 22 orang yang terlacak melakukan kontak erat dengan AT.

Sementara Camat Batealit, Agus Bambang  Lelono yang dihubungi oleh SUARABARU.ID semalam membenarkan bahwa ditemukan kasus covid – 19 di Batealit. “Begitu mendapatkan informasi kami bersama tim BPBD Jepara, Satpol PP Kecamatan, Polsek dan Koramil Batealit langsung melakukan penyemprotan disinfektan. Juga pelacakan kontak erat oleh tim,” ujarnya.

Hadepe /Ulil Abshor

blank

blank

blank