Bagikan
Kegiatan donor darah di UDD PMI Kota Magelang, (Dok PMI Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Unit Kegiatan Mahasiswa Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas  Tidar bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD PMI) Kota Magelang mengadakan ngobrol santai saat pandemi Covid-19.

Topiknya donor darah di bulan berkah yang dikemas dalam bentuk seminar dengan tema ‘Ciptakan Kehidupan dengan Donor Darah’.

Acara yang berlangsung beberapa hari lalu itu diselenggarakan
secara daring melalui media sosial group whatsapp. Kegiatan itu diikuti 213 peserta dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di Kota Magelang maupun dari luar kota.

Humas KSR PMI Unit Untidar, Afifah Irbah menerangkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah di bulan Ramadan terlebih di masa pandemi, dimana stok darah menurun.

‘’Karena itu kami berinisiatif mengajak masyarakat agar senantiasa tergugah kesadarannya untuk melakukan donor darah,’’  katanya.

Kepala UDD PMI Kota Magelang dr Bramantyo Angga Kesuma   dalam seminar daring ini menyampaikan materi mengenai hal-hal terkait donor darah. Seperti prosedur pengambilan, syarat-syarat donor darah, serta klarifikasi mengenai isu yang berkembang di masyarakat terkait donor darah.

Menurutnya, donor darah itu aman saat puasa dan selama masa pandemi, asalkan kita bersama disiplin sesuai protokol dari PMI Pusat dalam upaya pencegahan Virus Corona.

‘’Semoga dengan kegiatan ini semakin banyak masyarakat yang tersadar untuk melakukan gaya hidup yang baik dan sehat. Seperti donor darah, karena donor darah merupakan kegiatan positif yang memberikan banyak manfaat, sehingga kebutuhan terhadap darah terutama di Kota Magelang bisa tercukupi. Karena tetesan darah anda nyawa mereka,’’ terangnya. (Doddy Ardjono)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here