blank
Jorge Lorenzo/dok

LONDON (SUARABARU.ID) – Jorge Lorenzo menjadi satu-satunya pembalap MotoGP yang berhasil memecundangi Marc Marquez untuk merebut titel juara dunia. Lorenzo pun membagi resep cara mengalahkan The Baby Alien. Marquez mendominasi balapan MotoGP sejak debut pada 2013.

Enam dari tujuh musim sukses dijuarainya, kecuali musim 2015 saat dia harus mengakui kehebatan Lorenzo sebagai kampiun. Kala itu Lorenzo masih menunggangi Yamaha untuk finis teratas dengan perolehan 330 poin. Pria yang kini menjadi pebalap penguji itu finis hampir 100 poin di atas Marquez yang menempati peringkat ketiga di bawah Valentino Rossi.

Sepanjang musim 2015, Lorenzo meraih tujuh kemenangan dan hanya sekali gagal. Sementara Marquez memenangi lima balapan, tapi enam kali gagal finis. Lorenzo mengakui Marquez masih akan sulit dikalahkan.

Namun, menurut rider berkebangsaan Spanyol ini, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo punya peluang jika mampu memaksa Marquez mengambil banyak risiko. “Anda harus melaju lebih kencang daripada dia, dan tidak membuat banyak kesalahan sehingga dia yang harus mengambil risiko,” ujar Lorenzo seperti dikutip GPOne. “Harus memiliki motor yang lebih baik, secara mental seperti mobil,” tambahnya.

Lorenzo menegaskan pada 2015 Marquez lebih eksplosif. Namun, dia berhasil menguasai balapan, dan membuat Marc harus mengambil banyak risiko. Itulah yang wajib dilakukan Quartararo dan Vinales. (rr)