blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mendampingi Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Pieter Batubara meninjau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Ibu Kota Jawa Tengah, Kamis (21/5/2020).

Bertempat di Kantor Pos Regional IV, Jalan Sisingamangaraja, Semarang Selatan, hadir pula jajaran Forkopimda Kota Semarang dan juga perwakilan dari PT POS Indonesia.

Adapun setelah sebelumnya disebutkan ada 94.000 BST yang disalurkan untuk warga Kota Semarang, saat ini jumlah tersebut ternyata bertambah menjadi 114.000 BST.

Ditegaskan Juliari, Bantuan Sosial Tunai tersebut untuk melengkapi warga yang belum tercover bantuan lain dari pemerintah, dalam penanganan pandemi Covid-19.

Meskipun diakui tidak mudah menyalurkan bantuan dengan waktu yang relatif singkat, apalagi dengan harus mengontrol agar bantuan tepat sasaran dan tidak ganda, namun Juliari meyakinkan semua bantauan akan dapat diterima sebelum Lebaran.

“Sejauh ini karena kita punya target cukup tinggi, sekitar 8 juta KK di Indonesia sampai hari Sabtu harus tersalurkan, mungkin sekarang ini progresnya sudah mendekati 5 juta KK, jadi kerja keras lah,” ungkap Juliari.

Juliari menjelaskan, jumlah penerima bantuan di Kota Semarang ada sekitar 114.000 KK, dalam waktu 1-2 hari akan selesai, karena kerja sama Kemensos RI dengan Pemerintah Kota Semarang terbilang sangat baik.

Adapun komitmen dari kementerian tersebut sama seperti yang disampaikan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Wali kota menekankan pihaknya terus berupaya agar semua yang telah terdata mendapat bantuan sebelum hari raya Idul Fitri.

“Alhamdulillah hari ini sudah bisa kita realisasikan, walaupun belum bisa serentak seluruhnya, tetapi Insya Allah kami akan berupaya siap bekerja agar semua satu hari sebelum hari raya Idul Fitri semua sudah terbagi. Kami tau bantuan ini jumlahnya belum memenuhi semua kebutuhan kita, tetapi pemerintah tetap berupaya membantu karena itu tanggung jawab kami,” kata wali kota yang biasa disapa Hendi ini.

Di sisi lain, Hendi menyampaikan jika data positif Covid-19 terbaru di Kota Semarang tercatat sebanyak 57 orang, dimana walaupun tren pasien positif Covid-19 relatif melandai, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada.

“Saya melihat bahwa seminggu terakhir ini jalan-jalan, pasar, juga mal cenderung ada peningkatkan keramaian. Untuk itu, saya minta kepada masyarakat tetap bisa menunda aktifitas yang tidak mendesak, dan melakukan evaluasi terkait PKM yang berakhir minggu,” katanya.

Hery Priyono