blank
OPINI WTP : Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menerima Opini WTP dari BPK tahun lalu.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Di tengah goncangan pandemi virus corona, Pemkab Sukoharjo mencatatkan prestasi dalam tata kelola pelaksanaan keuangan daerah. Yaitu opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Opini WTP tersebut juga merupakan rekor baru. Sebab lima tahun berturut-turut Kabupaten Sukoharjo di bawah komando Bupati Wardoyo Wijaya meraih opini WTP. Opini WTP diraih atas Penyajian dan Pelaporan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2019. Pengumuman penyerahan opini WTP dilakukan secara online melalui “video conference” oleh BPK yang diikuti Bupati, Sekda dan Ketua DPRD. “Opini WTP dari BPK untuk Laporan Keuangan 2019 ini merupakan ke-5 berturut-turut sejak tahun 2015,” ujar bupati usai mengikuti “video conference”.
Menurut bupati, opini WTP tersebut merupakan bukti nyata Pemkab Sukoharjo berkinerja baik, khususya dalam tata kelola keuangan daerah. Selain itu, juga bukti komitmen mempertanggungjawabkan setiap penggunaan uang negara secara transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah pelaporan yang baik dan benar dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Sekaligus menjadi kebanggaan dan motivasi untuk terus mewujudkan “clean and good governance” sebagaimana telah dicita-citakan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

Karena itu Bupati berharap seluruh ASN bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi serta integritas tinggi agar dapat mewujudkan dan menyajikan laporan pertanggungjawaban keuangan yang lebih berkualitas. Dengan harapan, opini WTP dapat kembali diraih di tahun-tahun mendatang. “Yang meraih Opini WTP di Jateng tahun ini ada empat daerah. Yaitu Semarang, Kendal, Tegal dan Sukoharjo,” ungkap Wardoyo.

Sekda Sukoharjo, Agus Santosa menambahkan, beberapa waktu lalu Sukoharjo pernah mendapatkan kinerja buruk di mata BPK. Hal itu ditandai dengan “Disclaimer” atas laporan keuangan daerah. Berangkat dari hal itu dan di bawah kepemimpinan Wardoyo Wijaya, Sukoharjo mampu berbenah dan saat ini meraih hasil positif. “Ini juga tidak lepas dari kinerja semua pihak dan instruksi pimpinan yang dijalankan dengan baik jajaran di bawah,” ungkap Sekda.
Ketua DPRD Wawan Pribadi memberikan apresiasi pada eksekutif yang telah menunjukkan kinerja yang baik terkait pengelolaan keuangan. Hal itu ditunjukkan dengan opini WTP dari BPK. Dia berharap prestasi tersebut dipertahankan dan ditingkatkan sehingga di tahun-tahun mendatang kembali meraih opini WTP dari BPK. (soes)