blank
ANTRI - Pengunjung salah satu mall di kota Tegal tengah antri menunggu giliran menjalani rapid test. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pengunjung mall di Kota Tegal, mulai Selasa (19/5/2020) menjalani rapid test di luar pintu masuk. Sebelum menjalani Rapid tes, dipintu masuk para pengunjung harus menjalani protokol kesehatan, wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun dan periksa suhu badan oleh petugas.

Beberapa petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Tegal, melakukan sejumlah rangkaian pemeriksaan untuk Rapid tes terhadap pengunjung mall Pacific.

Wakil Walikota Tegal, M Jumadi di sela-sela meninjau aktivitas tersebut mengatakan kepada sejumlah wartawan, kegiatan tersebut merupakan kewajiban Pemerintah Kota Tegal bersama Dinas Kesehatan dan managemen sejumlah mall yang ada di Kota Tegal termasuk Pasar Pagi. Tujuannya untuk meyakinkan bahwasannya pengunjung yang datang ke mall itu aman dan sehat dilakukan rapid tes.

“Dalam relaksasi PSBB Pemkot Tegal ingin menggerakkan ekonomi kembali. Memang rapid tes bukan satu-satunya cara tapi paling tidak bagian preventif kita untuk menjaga warga Kota Tegal yang masuk mall dari bahaya covid-19,” kata Jumadi.

Untuk sementara rapid tes diperuntukan pengunjung mall dan untuk karyawan mall sendiri nantinya diserahkan kepada pengelola masing-masing. Teknisnya nanti Pemkot Tegal akan membantu.

“Hasil rapid tes dari beberapa sampel yang diambil hasilnya nonreaktif semua. Hal itu membuktikan yang selama ini diharapkan dan yang kita perjuangkan sama-sama untuk menjaga agar Kota Tegal aman dari wabah covid-19 sampai hari ini terbukti negatif. Hal itu penting disampaikan,” tutur Jumadi.

Nino Moebi