blank
VIDEO CONFERENCE: Bertempat di Gedung Grhadika Bina Praja, berlangsung video conference penandatanganan serah terima berita acara LHP LKPD, antara Pemkab Demak dengan BPK Perwakilan Provinsi Jateng. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kabupaten Demak oleh BPK perwakilan Jawa Tengah, dilakukan secara daring. Selain Demak, dua kabupaten lain Sragen dan Banjarnegara juga menerima LHP, yang dilakukan dengan cara yang sama.

Meskipun masih dalam suasana Ramadan dan imbauan kerja dari rumah (Work From Home/WFH), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, tetap melaksanakan tugasnya sebagai pemeriksa.

Seperti halnya yang dilakukan pada Senin (18/5/2020), BPK Perwakilan Provinsi Jateng menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), untuk Tahun Anggaran 2019 kepada tiga daerah.

BACA JUGA : Pertamina Pastikan Stok LPG di Jateng Aman Jelang Lebaran

Penyerahan LHP untuk tiga kabupaten itu dilakukan secara virtual, dengan memanfaatkan fitur aplikasi zoom meeting. Sedangkan Pemkab Demak melakukan video conference itu di ruang Grhadika Bina Praja.

Hadir secara langsung Bupati HM Natsir, Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet, Wabup Djoko Sutanto, Sekda Singgih Setyono, Kepala Inspektorat Kurniawan dan semua Kepala OPD.

Sebelum dilakukan penandatanganan berita acara serah terima LHP LKPD tahun 2019 oleh Ketua DPRD dan Bupati dari 3 entitas, didahului dengan menunjukkan dokumen berita acara serah terima (BAST) LHP LKPD tahun 2019, yang telah ditandatangani kepala perwakilan.

Selesai penandatanganan oleh tiga entitas yang diawali Kabupaten Demak, disusul Sragen dan Banjarnegara, dilanjutkan dengan penyerahan LKPD secara virtual.

Pada kesempatan itu, Kepala BPK Perwakilan Jateng Ayub Amali dalam sambutanya menyampaikan, pihaknya tetap melakukan upayanya dalam menjaga kualitas pemeriksaan, dengan meningkatkan Quality Control dan Quality Assurance dari pengendali teknis dan Penanggung Jawab Pemeriksaan.

”Meskipun melalui daring dan tidak melakukan pemeriksaan langsung, namun BPK tetap tidak mengurangi kualitas tugas pemeriksaan. Untuk tiga daerah saat ini sudah selsai tepat waktu, dan berjalan lancar,” ungkap Amali.

Opini WTP
”Berdasar pemeriksan pada tiga daerah ini, kami sampaikan opini untuk Demak Wajar Tanpa Pengecualian. Dan Opini WTP juga untuk Kabupaten Sragen dan Banjarnegara,” jelas dia lagi.

Sementara itu, Bupati Demak HM Natsir terkait Opini WTP ini, dia menyatakan, WTP ini merupakan opini yang keempat untuk Demak, dan merupakan prestasi yang patut dibanggakan, serta akan tetap dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya.

Sekda Demak Singgih Setyono seusai acara menambahkan, pihaknya memberikan apresiasinya atas dukungan seluruh pihak. Berkat kerja sama yang solid, Demak secara berturut-turut mendapat predikat opini WTP.

Sedangkan Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet juga mengapresiasi kinerja seluruh OPD, sehingga mendapat opini WTP. Dirinya berharap, semangat kerja dan kinerja yang baik dari OPD ini tetap terlaksana dan terjaga dengan baik.

Rudy-Riyan