blank
Dua mahasiswa ISI Surakarta, Wirantono dan Seful Muslimin, meraih gelar juara nasional, memamerkan karya masing-masing.

blankSOLO (SUARABARU.ID) – Dua orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, meraih prestasi tingkat nasional. Yakni memenangi gelar juara dalam Competition From Home Universitas Gajah Mada (UGM) Tahun 2020.

Ketua Prodi DKV FRSD ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias SSn, MSn, menyatakan, prestasi ini dinilai sangat membanggakan, sebab dalam kompetisi tersebut diikuti 6.286 mahasiswa dari 567 Perguruan Tinggi (PT) se Indonesia.

Kompetisi tingkat nasional itu, dibagi menjadi empat kategori lomba, yakni video edukasi kreatif, foto inspirasi, poster edukasi dan video animasi. Dalam kompetisi ini, dua mahasiswa ISI Surakarta, berhasil menjuarai bidang lomba kategori poster edukatif, yakni Wirantoni meraih gelar juara III, dan Seful Muslimin meraih juara harapan I.

Angkatan 2019
Wirantono dan Seful, adalah mahasiswa angkatan 2019 Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. Atas keberhasilannya tersebut, keduanya mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan uang pembinaan.
Comtersebut, diprakarsai Direktorat Kemahasiswaan Univeristas Gadjah Mada (UGM). Event bergengsi di Tanah Air ini, bertajuk Comppetition From Home Universitas Gadjah Mada 2020 (CFHUGM2020).

Melalui event ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat, terutama para mahasiswa dalam mengisi waktu luang, untuk meningkatkan serta menampilkan kreativitas, serta menjadi tetap produktif di masa genting musim pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 ini. Kompetisi kali ini, mengusung tema ”Berjuang Melawan COVID-19.”

Pemilihan tema tersebut, dikandung maksud untuk memberikan dorongan pemahaman bahwa ”It’s not Social Distancing, Just Physical Distancing.” Dorongan ini, memberi maksud bahwa mahasiswa tetap dapat produktif, meski dalam kondisi harus melakukan aktivitas dari dalam rumah WFH (Work From Home).

Poster Edukasi
Karya poster edukasi dua mahasiswa ISI Surakarta yang memenangi gelar juara tingkat nasional itu, dicipta oleh Wirantono dan Seful, yang masih duduk di semester II. Keduanya dibimbing oleh Rendya Adi Kurniawan SSn, MSn dan Brilindra Pandanwangi SDs, MSn. Yakni sebagai tugas mata kuliah Komputer Grafis, yang dalam prosesnya menggunakan software adobe illustrator dan adobe photoshop untuk finishing. Sedangkan untuk membuat sketsa awal, dilakukan secara manual.

Wirantoni tampil dengan karya poster yang berjudul ”Masih Nekat Mudik ?” Berisi pesan imbauan kepada masyarakat awam, untuk bekerjasama memutus rantai penyebaran wabah Covid-19. Yang salah satunya dengan tidak bertindak egois apalagi apatis, terhadap situasi yang sedang terjadi, yakni dengan cara megikuti arahan dari pemerintah untuk tidak mudik atau pulang kampung terlebih dahulu.

Selanjutnya karya Seful Muslimin dengan judul ”Physical Distancing’‘ menampilkan poster yang terinspirasi dari serial kartun Spongebob, dimana beruang laut bagaikan Covid-19. Sehingga diperlukan pembuatan lingkaran (jarak aman), untuk menghindari wabah pandemik tersebut.

Memacu Berkarya
Untuk peraih gelar Juara I dimenangi oleh Alif Sholihin dari Unisversitas Sebelas Maret, Juara II Muhammad Fauzan Rizqullah dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Gelar Juara Harapan II atas nama I Gede Rangga Kusuma dari Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar, Bali. Juara Harapan III dari Universitas Pendididkan Indonesia, Bandung yaitu Fannisa Yurianti.

Melalui capaian prestasi tersebut, diharapkan dapat memacu mahasiswa untuk berkarya dan menerapkan materi perkuliahan, ke dalam karya yang dikompetisikan. Sehingga kemampuan dalam menerima materi bisa diukur dari sejauh mana dapat mengikuti kompetisi, dan dibandingkan dengan kemampuan dari mahasiswa perguruan tinggi lainnya.

Bambang Pur