blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kabagops Kompol Cipto Rahayu memasak lele di dapur terpadu Selasa siang, 12/5.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemandangan tak biasa terlihat di Dapur Umum Terpadu Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kebumen di kompleks Sanggar Pramuka Jalan Tentara Pelajar. Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan siang itu duduk di depan tunggu, menggoreng ikan lele menyiapkan nasi bungkus yang akan dibagikan kepada warga masyarakat yang terkena imbas corona, Selasa (12/5).

Tetap mengenakan seragam lengkap, polisi nomor satu di Jajaran Polres Kebumen itu tanpa canggung membantu tim dapur umum dan menunjukan kepiawaiannya menggoreng lauk untuk dibagikan kepada warga masyarakat. Memasuksan lele mentah dan membalikan lele di dalam wajan seperti bisaa dilakukan juru masak.”Wah sepertinya enak sekali ini. Siang ini kita masak ikan lele buat masyarakat nanti yang berbuka Puasa,”ujar AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Di dalam dapur umum itu, setiap hari memproduksi 1.350 nasi bungkus. Kodim 0709 Kebumen bersama dengan Polres Kebumen, BPBD, sukarelawan PMI dan Pemkab Kebumen setiap hari menyiapkan makanan sejak pagi hari. Persiapan memasak dimulai dari mengumpulkan sayuran, mencuci sayuran, memasak dan mengemasnya sampai dengan pendistribusian kepada masyarakat.

Nasi bungkus dibagikan sejak pukul 16.30 Wib, dan selesai menjelang waktu berbuka Puasa. Sasarannya meliputi pondok pesantren di wilayah Kabupaten Kebumen , panti asuhan dan warga yang terdampak pandemi corona seperti ulang becak, ojek dan pengasong. Dapur umum tersebut diresmikan Wakil Bupati Kebumen yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaetn Kebumen Arif Sugiyanto.

Menurut Wakil Bupati, sejak diresmikan di hari pertama Ramadan, setiap sore dapur umum terpadu itu menyediakan sekitar 1.000 nasi bungkus untuk didistribusikan. Para juru masak melibatkan sukarelawan PMI, BPBD dan unsur Tagana. Pendistribusian nasi bungkus dilakukan sukarelawan dibantu penuh  personil Kodim 0709 dan Polres Kebumen. Pihaknya juga berterima kasih atas kepedulian para penyumbang dan donatur selama masa pandemi corona yang telah membantu logistik seperti beras dan lainnya.

Komper Wardopo