blank
Pebasket Toronto Raptors Kyle Lowry (kedua kiri) berupaya memasukkan bola ke ring lawan dan dijaga pebasket Sacramento Kings Cory Joseph (kiri) dalam laga lanjutan NBA, di Golden 1 Center, Sacramento, California, AS, Minggu (8/3/2020). Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Juara bertahan NBA Toronto Raptors akan mulai kembali melakukan latihan pada Senin di bawah panduan ketat dari liga, pemerintah lokal, dan otoritas kesehatan masyarakat, demikian disampaikan pihak klub melalui laman resminya, Jumat.

Komisioner NBA Adam Silver menghentikan kompetisi NBA pada Maret setelah pemain Utah Jazz Rudy Gobert kedapatan positif terinfeksi COVID-19.

NBA mengizinkan latihan-latihan individual di bawah kendali ketat sejak Jumat di fasilitas-fasilitas latihan tim. Itu merupakan langkah kecil pertama menuju misi melanjutkan musim, meski tidak semua tim memanfaatkan kesempatan tersebut.

Pada sejumlah kasus, tim tidak kembali berlatih karena tidak mendapatkan izin dari pemerintah lokal dan negara bagian, namun Raptors telah mengantungi izin dari pejabat-pejabat pemerintah.

“Protokol-protokol ketat telah dirancang untuk memasukan akses level awal ini akan dijalankan dengan langkah yang aman, terkendali, dan sehat,” demikian pernyataan tim.

NBA mengizinkan empat pemain berlatih bersama-sama dalam satu waktu, namun Raptors mengatakan pihaknya hanya akan mengizinkan satu pemain berlatih sendiri dalam satu waktu di gedung latihannya.

Semua area dan perlengkapan, termasuk bola, akan dibersihkan sebelum dan setelah masing-masing pemain menggunakan fasilitas.

Staf-staf anggota, seperti orang yang akan mengoperkan bola kepada pemain, akan mengenakan sarung tangan dan masker. Para pemain juga diwajibkan mengenakan masker kecuali saat mereka berada di lapangan.

Pemeriksaan suhu badan dan gejala-gejala akan dilakukan oleh staf medis Raptors sebelum setiap orang memasuki fasilitas latihan, dan petugas keamanan di luar gedung akan memastikan penerapan peraturan menjaga jarak.

Dengan catatan 46-18, Raptors menggenggam rekor terbaik di NBA ketika musim kompetisi dihentikan. Mereka hanya tertinggal dari Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers.

Ant/Muha