blank
Kapolres Jepara saat menyerahkan bantuan paket sembako

JEPARA(SUARABARU.ID) – Agar  data para penerima bantuan dapat akurat dan tepat sasaran, maka perlu dilakukan verifikasi dan validasi data yang telah ada dengan melibatnya banyak komponen masyarakat di tingkat desa. Ini untuk menekan munculnya potensi kekecewaan dan bahkan keresahan  ditengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto kepada wartawan terkait dengan akan diberikannya jaring pengaman  sosial bagi warga masyarakat  yang bersumber dari dana  pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten serta desa.

Oleh sebab itu data yang telah ada di Pemerintahan Desa hendaknya dilakukan pengecekan  bersama dengan melibatkan RT, RW, BPD, tokoh masyarakat dan bahkan dengan mengikutsertakan  Babinsa dan Babinkamtibmas.

”Dengan demikian data penerima bantuan dapat benar-benar tepat sasaran dan tidak menimbulkan kecemburuan ditengah=tengah masyarakat,” ujar Nugroho Tri Nuryanto.

Menurut Kapolres Jepara, dalam menghadapi dampak covid-19 ini  diperlukan kebesaran jiwa dan bahkan tumbuh berkembangnya nilai-nilai kemanusiaan dari semua eleman masyarakat.

“Jangan sampai orang yang mampu dan berkecukupan mendapatkan, sementara tetangganya atau warga yang lain yang jauh lebih kekurangan justru tidak mendapatkan,” ujar Nugroho Tri Nuryanto.

Kita akan sangat menghargai, jika ada warga masyarakat yang telah mampu tetapi masih terdaftar sebagai penerima bantuan bersedia dengan ikhlas mengembalikan bantuan tersebut untuk diserahkan kepada warga lain yang lebih membutuhkan. “Mereka yang melakukan tindakan seperti ini layak disebut sebagai penebar dan penjaga  nilai kemanusiaan,” ungkapnya.

Pengumuman para calon penerima bantuan menurut Kapolres Jepara  juga baik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan data. “Disamping itu   juga  dalam upaya  pelibatan masyarakat untuk  melakukan pengawasan,” ujarnya.

Bantuan untuk Merbot

Untuk sedikit membantu mengurangi kesulitan para merbot dan takmir masjid di Kecamatan Jepara  Kapolres Jepara Kamis (7/5-2020) juga memberikan bantuan 100 paket sembako.

“Walaupun jumlahnya tidak banyak, semoga bantuan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang perannya  sangat besar ditengah-tengah umat,” ujar Nugroho Tri Nuryanto.

Hadepe   

blank

 

 

 

blank