blank
Para mahasiswa yang juara Bridge Design Competition di Nanyang Technology University (NTU) Singapura 9-10 Maret 2019 berfoto bersama Rektor Unissula Prabowo Setiyawan MT PhD dan Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD di Rektorat Unissula (20/3/2019).

SEMARANG – Fakultas Teknik (FT) Unissula semakin berkembang menjadi salah satu fakultas teknik terbaik di Indonesia. Salah satu kehebatan kuliah di fakultas ini yakni para mahasiswa dapat kuliah dari jenjang S1 hingga doktor. Adapun pilihan kuliahnya juga beragam yakni Planologi (S1) yang terakreditasi B, Teknik Sipil (S1) yang terakreditasi B, Magister Teknik Sipil (S2) terakreditasi yang terakreditasi A, serta Program Doktor Teknik Sipil (S3) yang berdiri tahun 2016 telah terakreditasi dan juga telah berhasil meluluskan mahasiswanya. Mari kita berkenalan lebih mendalam dan gambaran singkat prodi prodi di FT Unissula.

Teknik Sipil (S1)
Teknik Sipil adalah disiplin ilmu teknik yang bisa dijelaskan sebagai aplikasi dari teknik ke dalam komunitas sipil. Teknik Sipil mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas dalam hal perumahan, transportasi, sanitasi dan kebutuhan lain dalam komunitas modern. Teknik Sipil berhubungan dengan perancangan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan termasuk jalan, jembatan, kanal, bendungan dan bangunan serta tantangan lainnya seperti memburuknya infrastruktur, isu lingkungan yang kompleks, sistem transportasi yang sudah ketinggalan jaman dan bencana alam.

Pendidikan Teknik Sipil menyiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor, dan manajer dari berbagai pekerjaan teknik sipil. Teknik sipil bekerja pada semua tingkatan seperti pada sektor umum dari pembangunan kota hingga pembangunan nasional dan sektor privat dari kepemilikan pribadi hingga perusahaan multinasional. Adapun prodi Teknik Sipil Unissula dalam penyelenggaraan pendidikannya selalu mengedepankan nilai- nilai Islam sesuai dengan visi misi Unissula.

Planologi (S1)
Planologi adalah bidang ilmu yang mendalami perencanaan suatu ruang baik dalam skala kota, wilayah, desa maupun suatu kawasan. Untuk mempelajari bidang keilmuan ini haruslah didukung oleh mahasiswa yang suka berimajinasi, kreatif, senang membaca buku, tanggap terhadap masalah-masalah sistem keruangan yang sering ditemui seperti masalah banjir, kemacetan lalu lintas, masalah tempat pembuangan akhir sampah, dan lain-lainnya. Masalah- masalah tersebut muncul karena reaksi dari letak dan lokasi dalam suatu sistem ruangnya, maka teknik planologi lebih menekankan pada letak dan lokasi dalam suatu ruang tersebut.

Planologi Unissula memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan beberapa perguruan tinggi yang lainnya karena letak dan lokasi yang dipelajari harus dapat dilihat dalam perspektif nilai-nilai Islam dan kearifan lokal. Dengan demikian maka materi kuliah di Planologi Unissula didesain agar dapat mendukung pemahaman mahasiswa sesuai dengan visi bismillah membangun generasi khaira ummah.

Magister Teknik Sipil (S2)
Prodi Magister Teknik Sipil Unissula didirikan tahun 2.000 dan memiliki pengalaman panjang dalam dunia pendidikan di bidang teknik sipil. Prodi tersebut memiliki staf pengajar profesional dan ahli di bidangnya. Didukung dengan sistem pembelajaran yang modern dan menarik dengan fasilitas yang lengkap serta memadai. Hal lain yang menjadi daya tarik prodi ini adalah peluang kerjanya yang masih terbuka sangat luas.

Prodi Magister Teknik Sipil Unissula menyelenggarakan perkuliahan dengan biaya pendidikan terjangkau. Prodi yang berada di rumpun Fakultas Teknik ini memiliki sistem pengajaran yang dititik beratkan untuk mencetak ahli menegerial. Para lulusan diharapkan lebih ahli dipelaksanaan konstruksi sesuai dengan konsentrasinya, yaitu managemen rekayasa konstruksi, rekayasa transportasi, dan managemen rekayasa sumber daya air.

Menyelenggarakan perkualiahan yang disiplin sehingga memungkinkan mahasiswa dapat lulus dalam waktu 18 bulan. Para mahasiswanya juga beragam bukan hanya dari dalam negeri namun juga luar negeri. Sisi keunggulan spesifik dari prodi ini yakni selain telah terakreditasi A secara nasional dari BAN PT juga telah terakreditasi internasional dengan level premier (unggul) per Januari tahun 2020 dari badan akreditasi internasional ASIC yang berbasis di Inggris.

Doktor Teknik Sipil (S3)
Prodi unggulan lainnya di FT Unissula yakni Program Doktor Teknik Sipil (S3) yang sudah resmi beroperasi sejak tahun akademik 2016. Keberadaan prodi ini sangat strategis dalam menghasilkan SDM handal ilmu teknik. Prodi ini semakin memperkuat tradisi penelitian dan publikasi di kampus Unissula. Melalui berbagai penelitian diharapkan dapat melahirkan kreatifitas dan inovasi. Karena kedua hal tersebut merupakan nilai tawar tak terbantahkan di tingkat internasional. Prodi ini telah berhasil meluluskan mahasisanya sehingga semakin meyakinkan sebagai destinasi kuliah calon doktor bagi siapapun yang tertantang untuk meningkatkan SDMnya dibidang teknik sipil.

Prodi ini berusaha memberikan layanan pendidikan terbaik dengan tenaga pengajar yang sangat berpengalaman. Beberapa pengajarnya bahkan telah dipercaya mengajar diberbagai universitas di Eropa, dipercaya menjadi reviewer jurnal jurnal internasional, serta menghasilkan berbagai penelitian yang aplikatif. Berbagai keunggulan tersebut akan membuat perbedaan kualitas yang dapat menghantarkan para mahasiswanya di prodi ini untuk dapat meningkatkan kwalitasnya baik dari sisi akademik maupun dari sisi profesionalitasnya.

Fasilitas Unggulan
Fakultas Teknik Unissula dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap yang mendukung proses belajar mengajar, yaitu: Gedung 3 lantai dengan ruang kelas yang memadai dan nyaman, Kelengkapan sarana pendukung pembelajaran (komputer, jaringan internet, LCD proyector, laptop, dan hot spot area), studio gambar, studio rumah produksi dan kelas bahasa Inggris Memiliki pusat kegiatan mahasiswa dengan fasilitas seni, oleh raga, kajian ilmiah dan keislaman, memiliki 8 buah laboratorium dan 1 perpustakaan fakultas yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan maupun pengerjaan Tugas Akhir (TA), yaitu : Laboratorium Komputer, Laboratorium Ilmu Ukur Tanah, Laboratorium Geoteknik, Laboratorium Struktur dan Bahan, Laboratorium Transportasi, Laboratorium Manajemen Konstruksi, Laboratorium Hidrolika, Laboratorium Teknologi Tepat Guna, dan perpustakaan fakultas dengan koleksi buku, majalah ilmiah, jurnal, laporan penelitian dalam bentuk hardcopy maupun CD.

Kerjasama Internasional
Fakultas Teknik Unissula telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas ternama di luar negeri, universitas dalam negeri dan beberapa perusahaan di bidang jasa konstruksi, diantaranya: Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universite de Nantes Prancis, Rotterdam University of Applied Sciences (RUAS) Belanda, International Islamic University Malaysia dll. Melalui kerjasama internasional tersebut memudahkan Fakultas Teknik Unissula dalam mengimplementasikan berbagai program seperti student exchange, staff exchange, joint research dan lain sebagainya yang telah menjadi agenda rutin tahunan.

Jawara Internasional
Para mahasiswa di fakultas ini juga terbiasa mendominasi berbagai kejuaraan regional, nasional, dan internasional dalam berbagai kompetisi seperti lomba desain jembatan. Prestasi tersebut antara lain diraih oleh empat mahasiswa yang berhasil menjadi juara umum di kompetisi Bridge Design Competition di Nanyang Technology University (NTU) Singapura 9-10 Maret 2019. Mereka adalah Ardefian Piradifta Suharno dan M Fiko Prameswara dengan tim Albiruni meraih juara 1 dan penghargaan jembatan desain ekonomis (most economical design). Sementara tim Al Khawarizmi dengan anggota Brillyan Graha Ditarta dan Ashfa Taqiya (tim Al Khawarizmi) meraih juara II untuk kategori universitas. Sedangkan juara III, IV dan V masing masing diraih Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Indonesia (UI), dan tuan rumah NTU Singapura.

Info Pendaftaran
Mari bergabung dengan Fakultas Teknik Unissula dengan mendaftar segera secara online di: pmb.unissula.ac.id (jalur raport) atau melalui sekolah mitra pmb.unissula.ac.id (pendaftaran mitra). informasi lebih lanjut hotline 081 220 110 62.