blank
Sebelum membagikan paket sembako, panitia Baksos foto bersama.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Alumni SMA Negeri 1 Kendal (Smanik) angkatan 1980 melakukan bakti sosial(baksos) memberikan sebanyak 175 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Kendal, Senin (4/5).

Ketua panitia Baksos, Kolonel (purn) H. Prio Jatmiko mengatakan, baksos pembagian paket sembako yang digelar alumni Smanik’80 di tengah pandemi Covid-19 ini, merupakan tahap yang pertama.

Sebanyak 175 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 ini, berada di tiga titik. Sasaranya adalah masyarakat kurang mampu, tukang becak dan pemulung.

“Tiap paket sembako, berisi 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, minyak goreng, mie instan, teh, sabun dan masker,” kata Prio Jatmiko.

Prio Jatmiko mengatakan, pemberian bantuan paket sembako dilakukan melalui tiga tim. Tim pertama membagikan paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan berada di wilayah Kecamatan Kendal Kota dan sekitarnya.

Tim kedua membagikan paket sembako di wilayah Cepiring, Weleri dan Pegandon. Sedangkan tim ketiga membagikan paket sembako di wilayah Brangsong dan Kaliwungu.

Namun sebelum menjalankan tugasnya, ketiga tim tersebut secara bersama-sama membagikan paket sembako kepada tukang becak yang biasa mangkal di lokasi SMAN 1 Kendal. Pemberian paket sembako ini diharapakan dapat meringankan beban bagi masyarakat yang terdampak ditengah pandemi Covid-19.

“Baksos alumni Smanik’80 an ini adalah tahap pertama. Untuk Baksos tahap dua, akan dilakukan pada tanggal 17 Mei 2020 mendatang. Pada tahap tersebut nanti akan kita bagikan 150 paket Sembako,” ungkap Prio Jatmiko, yang juga menjabat ketua alumni Smanik’80 an tersebut.

Prio Jatmiko menyatakan, pelaksanaan Baksos alumni satu angkatannya merupakan murni bentuk rasa cintanya kepada masyarakat Kendal dan tidak ada nuansa apapun di dalamnya selain hal tersebut.

Tak hanya prihatin, dengan adanya wabah covid-19 ini menjadikan alumni tergerak untuk peduli membantu terhadap sesama yang membutuhkan. Dengan penggalangan donasi dari alumni sendiri sehingga terwujud baksos paket sembako ini.

“Ini murni bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 yang mengancam ini,” tandasnya.

Sementara itu, Alumni Smanik,80, Irawan Rudyono mengatakan, pengadaan paket sembako kegiatan baksos ini merupakan hasil donasi dari para alumnus SMA Negeri Kendal angkatan tahun 1980. Salah satunya alumnus yang ikut berpartisipatif memberikan doansinya adala Mayjend (Purn) Dody Husodo Hargo Suseno.

“Dia (Mayjend (Purn) Dody Husodo Hargo Suseno) merupakan alumnus yang juga jadi donatur dari kegiatan bakti sosial ini, disamping para alumni yang lainnya,” kata Irawan Rdyono.

Alumni Smanik’80, lainya, Zaenal menambahkan, Baksos akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama dengan membagikan 175 paket sembako dan tahap 2 sebanyak 150 paket sembako.

“Paket sembako kita berikan bagi masyarakat yang memang membutuhkan. Yakni mereka yang terdampak Covid-19,” imbuhnya.Agung-mm