blank
Tim gabungan, melakukan persiapan untuk melakukan pencarian Kakek Surip yang hilang misterius di Bukit Tumbu.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kakek Surip Hardjo Suwito (70), warga Dusun Jetak, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan hilang di kawasan hutan rakyat Bukit Tumbu.

Khabar ini, sempat menggegerkan warga, karena diisukan dia dibawa makhluk gaib sejenis siluman hutan. Sehingga pencarian yang awalnya dilakukan secata terbatas oleh pihak keluarga bersama para tetangga, gagal menemukannya. Sampai akhirnya kasus ini dilaporkan ke Pamong Desa dan diteruskan ke pihak Forkompincam Selogiri.

Jumat malam (1/5), dilakukan upaya pencarian oleh tim gabungan yang melibatkan para personel SAR Kabupaten Wonogiri pimpinan Aiptu Agus Widodo bersama aparat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri pimpinan Kepala BPBD Bambang Haryanto.

blank
Kakek Surip (kanan) korban yang hilang misterius di Bukit Tumbu dan ditemukan di Ladang Jangglengan, dipapah masuk ke dalam mobil, untuk diobatkan ke rumah sakit.(Foto:SAR Wonogiri)

Berbagai Elemen
Tim gabungan ini, melibatkan para personel dari berbagai elemen, yakni dari Rapi, Senkom Mitra Polisi, relawan dari MDMC, Forum Relawan Selogiri, Relawan Desa (RD) Jendi, RD Kepatihan, RD Pule, tokoh masyarakat, para pemuda dan jajaran Forkompincam Selogiri.

Dari Search And Resque (SAR) Wonogiri, malam itu menurunkan tiga regu yang memiliki pengalaman mountain resque, jelajah hutan dan pencarian korban hilang di medan gunung. Sebelum diterjunkan ke kawasan hutan Bukit Tumbu, mereka dibekali kisah awal bagaimana Kakek Surip itu menghilang. Ini disampaikan oleh Saksi Erick dan Ny Surip (istri korban) dengan didampingi Kepala Desa (Kades) Jendi, Suharni.

Dikisahkan, Jumat pagi (1/5), kakek Surip mengantarkan pembeli kayu yang berminat akan membeli kayu jati miliknya yang tumbuh di area hutan rakyat lereng Bukit Tumbu. Saat itu, Kakek Surip memilih istirahat menunggu di lereng bawah, ketika dilakukan pengecekan besaran kayu dan penghitungan jumlah pohon yang akan dibeli.

blank
Tim gabungan dari berbagai elemen, berkumpul di Balai Desa Jendi, sebelum melakukan pencarian Kakek Surip yang hilang secara misterius di Bukit Tumbu.

Ladang Jangglengan
Betapa kagetnya, ketika selesai dilakukan pengecekan kayu, Kakek Surip tidak lagi dijumpai di tempatnya istirahat. Dicari kesana kemari tidak ditemukan, akhirnya kejadian ini dilaporkan ke Ny Surip dan kemudian dilakukan pencarian ke lokasi, tapi gagal menemukannya.

blank
Para relawan dari Tim SAR dan BPBD. bersama elemen terkait, Jumat malam (1/5), melakukan operasi pencarian orang hilang di Bukit Tumbu.

Jumat malam (1/5), digelar operasi pencarian orang hilang oleh tim gabungan. Sekitar pukul 21:45, korban diketemukan di ladang wilayah Dusun Jangglengan, Desa  Keloran, Kecamatan Selogiri, yang jauh dari lokasi dia istirahat. Yakni arah selatan Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Saat ditemukan, Kakek Surip dalam kondisi bingung dan menderita lecet-lecet. Ketika ditanya, dia tidak paham tadi pergi kemana. Untuk memberikan pertolongan, Kakek Surip dibawa ke Rumah Sakit (RS) PKU Muhamadiyah Nambangan. Selogiri, Wonogiri.

Bambang Pur