blank
Babinsa dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, Serma Didik (kiri), ikut membagikan BPNT kepada warga miskin di Desa Joho.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Agar memenuhi aspek 5 tepat kepada penerima manfaat. Yakni tepat waktu, mutu, sasaran, jumlah dan tepat administrasi. Inilah alasan insan Bintara Pembina Desa (Babinsa) aktif melakukan pendampingan dan pengawasan pembagian bantuan.

Utamanya pembagian bantuan untuk warga miskin, seperti Bantuan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Demikian dikemukakan oleh Babinsa Serma Didik dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri.

Bersamaan dengan tugasnya tersebut, bahkan dia rela membantu ikut membagikan kepada warga penerima manfaat, ketika dilaksanakan pembagian BPNT jatah Bulan April 2020 di Dusun Semen, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Itu dia lakukan dari awal sampai pembagian tuntas selesai ke tangan sasaran para penerima manfaat.

blank
Sertu Calim, Babinsa dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, aktif melakukan pendampingan dan pengawasan pembagian BPNT di Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Masyarakat Miskin
Paket jatah BPNT bagi setiap keluarga penerima manfaat, masing-masing berupa beras 9 Kilogram (Kg), 2 ekor ayam, telor 1 kg, bahan protein nabati berupa tahu/tempe 1 kg. ”Jumlah penerima sebanyak 481 keluarga, yang didistribusikan di dua tempat E-Warung,” jelas Serma Didik.

Kata Serma Didik, pembagian BPNT tersebut sangat membantu dalam meringankan beban masyarakat miskin. Terlebih lagi, di saat sekarang tengah marak adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. ”Bantuan itu sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat penerima sasaran,” jelas Serma Didik.

Penjelasan yang sama, juga disampaikan secara terpisah oleh Babinsa Sertu Calim, juga dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri. Babinsa ini, melakukan tugas pengawasan dan pendampingan pembagian BPNT di Dusun Galo, Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

blank
Warga miskin di Desa Joho Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, menerima pembagian BPNT yang diserahkan oleh Babinsa Serma Didik (kanan).

Lima Tepat
Penyaluran BPNT jatah Bulan April 2020, bertempat di E-Warung milik Budi, dilaksanakan Rabu (29/4). Babinsa Sertu Calim, menyatakan, tindakan yang dia lakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap bantuan sosial kepada masyarakat.

Harapannya, agar dapat berjalan lancar sesuai azas lima tepat. Yakni tepat waktu, tepat sasaran, tepat kualitas, tepat jumlah dan tepat administrasi. Penerima BPNT di Desa Gambirmanis, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, berjumlah 646 keluarga.

blank
Pengadaan bahan pokok BPNT untuk warga miskin, dipercayakan kepada E-Warung yang ada di desa sasaran. Babinsa Sertu Calim, ikut memeriksa kualitasnya.

Sebagaimana yang terjadi di Desa Joho, masing-masing keluarga penerima manfaat mendapatkan jatah beras 9 Kg, ayam 2 ekor, telor 1 Kg, proteni nabati berupa tahu tempe 1 Kg. Penyalurannya dilayani melalui 3 lokasi E-Warung.

Bambang Pur