blank
Dalam kunjungannya ke pos pam tapal batas Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim), Wakapolda Brigjen Pol Ahmad Luthfi (kedua dari kanan), melakukan dialog dengan Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kanan), terkait dengan operasi ketupat candi dan langkah pencegahan wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Waka Polda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Luthfi, Rabu (29/4), melakukan kunjungan ke pos pengamanan (pam) check point di perbatasan Jateng-Jatim. Tepatnya di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro (55 Kilometer timur Kota Wonogiri) yang menjadi tapal batas dengan Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Jatim.

Kunjungannya dilakukan dalam rangka Ops Ketupat Candi 2020 dan pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19. Paur Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, mengatakan, kunjungan Wakapolda Jateng disambut Kapolres AKBP Christian Tobing bersama jajaran dari Subid Prov Bid Propam Polda Jateng yang di BKO (Bawah Komando) melakukan pengamanan, berikut Dir Sabhara Polda Jateng dan Kabid Propam Polda Jateng.

Wakapolda Jateng, datang di pos pam chek point Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jateng, yang menjadi tapal batas dengan Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Jatim. Kepada petugas jaga di pos Biting yang siaga 24 jam nonstop tersebut, Wakapolda memberikan pengarahan terkait dengan Operasi Ketupat Candi 2020 dan langkah penyekatan terkait dengan tindakan pencegahan pandemi Covid-19.

blank
Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Luthfi (ketiga dari kanan) didampingi Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (keempat dari kanan), foto bersama dengan jajaran Forkompincam Purwantoro di depan pos pam tapal batas Wonogiri-Ponorogo.

Pos Pam Perbatasan
Hadir dalam kegiatan tersebut, Dir Samapta Polda Jateng, Kombes Pol Herry Purnomo, Kabid Propam Polda Jateng, Kombes Pol Mukiya, para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri dan jajaran Forkopincam Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri.

Di pos pam perbatasan Jateng-Jatim tersebut, dijaga oleh aparat kepolisian dari Polsek Purwantoro, bersama prajurit TNI Koramil Purwantoro Kodim 0728 Wonogiri. Dengan melibatkan petgas medis dari Puskesmas Purwantoro, aparat Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri Sub Terminal Purwantoro, personel Satpol-PP, aparat Kecamatan Purwantoro, dan relawan dari Senkom Mitra Polisi Ranting Purwantoro.

Dalam kunjungannya tersebut, Wakapolda Jateng melakukan pengecekan pos pam beserta fasilitas perlengkapannya, termasuk keberadaan panel data, dan kesiapan petugas dalam melakukan penyekatan di wilayah perbatasan.

Memberikan Bantuan
Bersamaan kunjungannya tersebut, Wakapolda memberikan bantuan sembako kepada warga miskin yang terdampak wabah Covid-19, dan bingkisan kepada Koramil Purwantoro. Dilanjutkan dengan mengunjungi pospam Badegan yang didirikan oleh Polres Ponorogo Polda Jatim.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kedua dari kanan), menyerahkan bantuan beras dari Polda Jateng, untuk warga Purwantoro, Wonogiri, yang terdampak wabah virus corona.

Sebelum kemudian melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Karanganyar, melalui jalan tembus Wonogiri-Sarangan-Karanganyar.
Wakapolda bersama jajaran, juga mengunjungi pos pam Operasi Candi Ketupat Prambanan, yang merupakan tapal batas Kabupaten Klaten, Jateng dengan Provinsi DI Yogyakarta.

Juga mengunjungi pos pam Glongong di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, yang menjadi tapal batas dengan Kabupaten Pacitan, Jatim, berikut pos pam di Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar yang menjadi wilayah perbatasan dengan Kabupaten Magetan, Jatim.

Berikut juga melakukan kunjungan ke pos pam di Mantingan, Kabupaten Sragen yang menjadi tapal batas dengan Ngawi, Jatim, dan pos pam Cepu di Kabupaten Blora yang berbatasan dengan Bojonegoro, Jatim.

Bambang Pur