blank
RSUD Djojonegoro Temanggung tempat merawat pasien Covid-19, dan beberapa di antaranya sudah sembuh. Foto: ist

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)- Kasus positif covid -19 di Kabupaten Temanggung hingga  Rabu (29/4) sore bertambah 11 orang menjadi 31 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) juga bertambah  tujuh orang.

“Hasil tes swab terhadap 20 orang yang dilakukan  oleh Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Yogyakarta menyatakan 11 orang positif dan sembilan orang lainnya negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Gotri Wijianto, Rabu (29/4).

Gotri mengatakan, dari 11 orang yang dinyatakan positif tersebut  terdiri atas empat orang  dengan riwayat pernah mengikuti kegiatan Itjima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan, empat orang lainnya dengan riwayat kontak langsung dengan bekas peserta itjima  Gowa dan  tiga orang pernah kontak erat dengan  anak buah kapal yang pernah melakukan perjalanan dari  Brazil.

Menurutnya, dari 11 orang yang dinyatakan positif terpapar virus corona tersebut berasal dari enam kecamatan di wilayah Kabupaten  Temanggung. Yakni,  dua orang berasal Kecamatan  Bansari,Kecamatan Tembarak satu orang, Kecamatan Kranggan satu orang, Kecamatan Kandangan dua orang, Kecamatan Ngadirejo empat orang dan Kecamatan Wonoboyo satu orang.

“Selain itu, pada hari ini juga terjadi penambahan empat orang , sehingga total transmisi lokal menjadi lima orang, “ kata Gotri yang juga menjabat Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Temanggung.

Ia menambahkan, selain terjadi peningkatan jumlah kasus positif covid-19, satu hal yang mengembirakan yakni adanya satu orang yang berasal dari Kecamatan Ngadirejo dinyatakan sembuh.

Satu orang  pasien yang dinyatakan sembuh tersebut dan termasuk dalam klaster Itjima Gowa tersebut, sebelumnya telah menjalani perawatan di RSUD Djojonegoro Temanggung sejak 15 April kemarin.

Ia menegaskan kembali agar masyarakat Kabupaten Temanggung  lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Seperti  jaga jarak, tidak keluar rumah jika tidak sangat mendesak, rajin mencuci tangan pakai sabun terutama setelah bepergian, sebelum makan dan minum serta menyentuh wajah. “Pakailah masker setiap keluar rumah, sementara untuk beribadah di rumah masing-masing saja,” katanya.

Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, hingga Kamis  (29/4) sore tercatat orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak  total 1.474 oran dan ODP meninggal satu orang.

Sedangkan pasien dalam pemantuan total sebanyak 92 orang, 46 orang diantaranya sembuh dan sembilan orang lainnya meninggal dunia. Sedangkan yang dinyatakan positif  total sebanyak 35 orang yang terdiri atas 30 orang transmisi luar dan lima lainnya transmisi lokal. Serta empat orang dinyatakan sembuh dan yang positif belum ada yang meninggal dunia.

Yon-trs