blank
FASUM: Tim gabungan dari Polres, TNI Kodim, Satpol PP dan BPBD saat melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang Jalan Pemuda, Kota Blora. Foto: SB/Hms-Resbla

BLORA (SUARABARU.ID)– Untuk mencegah penyebaran virus Corona, tim gabungan Polres, TNI dan Satpol PP dan BPBD Kabupaten Blora, kembali melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas umum (fasum) dan jalan protokol, Sabtu (25/4/2020).

Dalam kegiatan itu, gabungan petugas menggunakan sarana mobil pemadam kebakaran milik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Mereka juga didukung petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

BACA JUGA : Awal Ramadan, Progress Recovery CPP Gundih Blora Sesuai Jadwal

Selain penyemprotan disinfektan, dalam kegiatan itu anggota Polres bersama petugas lainnya, juga aktif menyampaikan imbauan kepada masyarakat, agar disiplin dalam menaati instruksi pemerintah terkait penanganan Covid-19.

Dalam iring-iringan mobil patroli kepolisian yang menggunakan pengeras suara, menyampaikan imbauan kepada publik. Rombongan diiringi sejumlah mobil pemadam kebakaran (damkar) yang menyemprotkan disinfektan.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, melalui Kabagops AKP Supriyo menjelaskan, kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala, dengan tujuan mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Blora.

”Tujuan utama kegiatan ini untuk pencegahan Covid-19. Dengan harapan segala upaya ini makin membuat masyarakat sadar dan disiplin, dalam menaati prosedur kesehatan agar tidak terjadi penularan virus Corona,” kata mantan Kapolsek Randublatung itu.

Sebelum dilakukan penyemprotan, diawali dengan apel gabungan yang dipimpin Kabagops di halaman Mapolres setempat. Ada pun penyemprotan dimulai dari Mapolres Blora menuju kompleks Terminal Gagak Rimang, sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Pemuda.

Setelah itu, tim gabungan bergerak perlahan di kawasan Alun-alun, dan beberapa jalan protokol dalam kota, serta pangkalan truk Karangjati. Sterilisasi juga dilakukan di kompleks Blok T, eks stasiun lama, Tugu Pancasila dan fasum lainya.

Kabagop AKP Supriyo menambahkan, penyemprotan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat.

Sebab, tidak menutup kemungkinan virus Corona itu berkembang di sepanjang jalan protokol di dalam kota dan sekitarnya.

blank
BUS AKAP: Sederet bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Gagak Rimang, tidak luput dari aksi penyemprotan disinfektan oleh tim gabungan. Foto: SB/Hms-Resbla

Sudah Sadar
Bahkan kegiatan ini dinilai bisa memutus rantai penyebaran Covid-19, yang kini sebarannya semakin meluas.

”Penyemprotan sudah dilakukan rutin, tak hanya di kota, tapi juga di desa-desa oleh Bhabimkamtibmas, babinsa bersama pemerintah desa,” tambah Kabagops Polres Blora ini.

Ditambahkan dia, banyak warga yang sudah sadar melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan secara mandiri dan swadaya.

Kabagops berharap, masyarakat Kabupaten Blora sadar, bahwa saat ini seluruh Indonesia sedang menghadapi wabah besar. Untuk itulah, dibutuhkan disiplin dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat dan siapa pun yang peduli dengan pesebaran Covid-19.

”Mari kita sadar dan disiplin bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19 demi kebaikan bersama,” pungkas AKP Supriyo.

Wahono-Riyan