blank

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang banyak ditemukan di masyarakat.

Berdasarkan laporan identifikasi masalah kesehatan keluarga melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di wilayah kerja Puskesmas Mertoyudan I Kabupaten Magelang,  tahun ini hipertensi adalah masalah yang paling banyak ditemukan.

Itu dikemukakan Kepala Puskesmas Mertoyudan I melalui Penanggung Jawab Program Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Rohmi Sri Lestari. Sehubungan dengan itu pihaknya menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi. Seiring dengan peran kampus untuk berkontribusi langsung pada penanganan masalah kesehatan di masyarakat.

Dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) membuat skema kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen yang diintegrasikan dengan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa tingkat akhir. Melihat fenomena di sekitar kampus yang perlu penanganan, Tim Pengabdian Masyakat Fakultas Ilmu Kesehatan yang dipimpin oleh Puguh Widiyanto MKep bersama empat mahasiswa melakukan pengabdian di Dusun Cebongan Kidul, Desa Danurejo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Puguh Widiyanto MKep selaku Ketua Tim Pengabdian mengatakan, hipertensi juga dikenal sebagai “si pembunuh diam-diam”. Itu merupakan sebuah istilah yang menggambarkan bahwa penderita seringkali tidak menyadari dirinya mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Kenaikan tekanan darah yang sedikit demi sedikit seolah menjadi tidak terasa dan orang cenderung bisa beradaptasi dengan ketidaknyamanan.

“Lama kelamaan komplikasi dari hipertensi itu berbahaya dan dapat mengakibatkan stroke, gagal ginjal dan penyakit jantung, serta degenerative lainnya,” katanya.

Maka, pengabdian masyarakat di Cebongan dilakukan sekitar dua bulan. Dengan kegiatan berupa pengukuran tekanan darah, penyuluhan penyakit hipertensi dan pembagian tanaman obat keluarga. Di antaranya bibit mentimun dan pohon salam.

Anggota tim pengabdian, Alfian Syarifudin MSc Apt, menambahkan, hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat itu sangat bermanfaat bagi mayarakat. Berguna untuk mencegah bagi yang berisiko dan mengobati bagi yang sudah memiliki penyakit hipertensi.

Kepala Dusun Cebongan  Triono berterima kasih atas adanya kegiatan mahasiswa UMM. Sebab dapat membantu

warga mendeteksi.ancaman penyakit.jantung yang bisa mengancam siapa saja.

Eko Priyono-trs