blank
Petugas BNNK Kendal saat berkeliling melakukan penyuluhan kepada masyarakat.(FOTO:SB/Agung

KENDAL(SUARABARU.ID)- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal melakukan penyuluhan keliling dengan mobil terkait upaya pencegahan, penyebaran dan penularan wabah Covid-19 kepada masyarakat. Selain itu BNNK Kendal juga mengingatkan tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Kepala BNNK Kendal Sharlin Tjahaja Fremier Arie, mengatakan, penyuluhan dan pemasangan spanduk “Berantas narkoba dan cegah korona” dilakukan oleh petugas BNNK yang tegabung dalam empat tim.

“Ada empat tim. Dan penyuluhan keliling ini sudah kami mulai sejak tanggal 20 April 2020. Kami juga pasang spanduk berisi ajakan secara bersama-sama memberantas narkoba dan cegah korona,”kata Kepala BNNK Kendal Sharlin Tjahaja Fremier Arie, Kamis(23/4).

Menurut Sharlin, spanduk- spanduk tersebut, dipasang di 20 kelurahan yang ada di Kecamatan Kendal. Pada spanduk tersebut juga tertulis himbauan untuk “tidak mudik lebih baik”.

“Mencuci tangan dengan cara yang benar minimal 20 detik setelah melakukan aktivitas. Hindari menyentuh mata, telinga, hidung dan wajah. Virus akan berpotensi dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui alat indera tersebut,” ujar Sharlin.

Dalam penyuluhan keliling itu, BNNK Kendal mengajak peran serta masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan virus korona dengan cara-cara yang mudah. Yakni mencuci tangan dengan menggunakan sabun sesering mungkin, karena virus yang dapat menyebabkan kematian pada orang yang terpapar itu akan mudah mati karena sabun.

Selain itu, BNNK Kendal juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak satu sama lain atau social distanching. Apabalia terpaksa harus berkomunikasi maka dilakukan dengan jarak minimal 1,5 meter hingga 2 meter, dengan tetap menggunakan masker. Biasakan menggunakan masker saat berpergian atau saat bertemu dengan orang lain dalam aktivitasnya.

“Pakailah masker kain karena masker medis/bedah atau N95 untuk medis dan penderita. Tidak berjabat tangan untuk sementara,” terang Sharlin.

Sharlin juga mengatakan bahwa, selain hal tersebut di atas, hal penting lainnya adalah makan dan mengkonsumsi asupan gizi yang cukup, beristirahat dan berolahraga, tetap tinggal dan melakukan aktivitas dari rumah. Begitu juga dengan menjalankan ibadah dan jangan keluar rumah jika bukan kegiatan yang mendesak sekali.

“Mari kita lakukan secara bersama-sama semua hal itu agar wabah ini cepat berakhir. Ikuti petunjuk pemerintah yang telah disampaikan. Bagi keluarga yang berencana mudik kita sarankan menundanya sampai waktu yang lebih memungkinkan,” tandas Sharlin.Agung-mm