blank
Ketua PWi Amir Machmud NS dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Achmad Ris Ediyanto sedang memberikan nasi bungkus kepada warga yang berada di kawasan Gedung Pers Jalan Trilomba Juang. Foto: Agus Sp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah turut berempati dan prihatin atas dampak negatif pandemi virus terhadap kondisi ekonomi masyarakat kecil. Salah satu bentuk kepedulian PWI Jawa Tengah ditunjukkan dengan menyalurkan bantuan kepada warga sekitar Gedung Pers, Kantor Sekretariat PWI Jateng di Jalan Trilomba Juang Semarang.

Bantuan berupa nasi bungkus ini diharapkan dapat membantu meringankan warga dan pihak yang membutuhkan seperi penyapu jalan, abang becak, dan warga sekitar di tengah meluasnya wabah covid-19.

Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Mahmud NS menyebutkan, mengawali kegiatan menjelang ramadan ini sudah 100 lebih paket nasi bungkus yang disalurkan baik kepada warga, pekerja di kesekretariat PWI Jateng, petugas cleaning service maupun para pekerja harian lainnya seperti pengemudi ojek online (ojol), tukang becak, dan sopir angkot, dan pemulung.

blank
Beberapa penerima bingkisan nasi bungkus bergambar di depan Gedung pers. Foto: Agus Sp

Bantuan makan siang untuk warga sekitar tersebut dilakukan di depan kantor PWI Jateng. Dalam sekejap, paket nasi bungkus laris manis terdistribusikan kepada warga yang membutuhkan. Penyaluran paket nasi bungkus di markas PWI Jateng ini dihadiri Ketua PWI Jateng, Amir Mahmud NS, Wakil Ketua PWI Bidang Pembelaan Wartawan, Ahmad Ris Ediyanto.

“Bakti sosial berupa pembagian nasi bungkus ini merupakan bentuk kepedulian PWI Jateng kepada masyarakat Kota Semarang di tengah kondisi pandemi covid-19,” ujar Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Mahmud NS, Rabu (22/4/2020).

Menurut Amir, bakti sosial seperti ini menurut rencana akan dilakukan secara rutin hingga pandemi covid-19 berakhir. Sedangkan penggalangan dana untuk keperluan bakti sosial tersebut untuk tahap awal diperoleh dari intern pengurus PWI. Namun, lanjut Amir, ke depan tidak menutup kemungkinan PWI berencana menggandeng mitra kerja atau para pengusaha yang peduli dengan kondisi bangsa yang memprihatinkan ini untuk mendonasikan sebagian rezekinya untuk kemudian disumbangkan kepada warga terdampak covid-19 yang dipandang layak membutuhkan.

”Melalui pembagian makan siang untuk masyarakat, yang kami adakan sebelum masuk masa Puasa Ramadan, diharapkan masyarakat bersabar dan mematuhi anjuran pemerintah dalam penanggulangan wabah covid-19. Semoga bantuan nasi bungkus dapat meringankan beban, bermanfaat, dan tepat sasaran,” terang Amir.

Pada masa puasa Ramadan, PWI juga akan membagikan makanan untuk berbuka puasa, bagi kalangan yang layak menerima. Amir Machmud berpesan agar masyarakat dapat mengikuti imbauan pemerintah dengan penerapan social distancing maupun physical distancing, tetap menjaga jarak, dan selalu memakai masker bila terpaksa harus keluar rumah. “Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, saya mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mematuhi anjuran pemerintah,” katanya.

Wied-trs