blank
PAKET SEMBAKO: Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, saat membagi-bagikan paket sembako kepada warga tidak mampu, Minggu (19/4/2020). Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan, agar warga bergotong-royong dalam menangani wabah Covid-19. Termasuk pemerintah kabupaten dan kota di Jateng, agar ikut membantu warganya, terutama dengan menyiapkan bantuan sembako ke warga terdampak.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sragen. Mereka memberikan bantuan berupa sembako kepada warga terdampak Covid-19. Dengan sasarannya, mereka yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang melaksanakan isolasi mandiri.

BACA JUGA : Terkait Pasien Covid-19, Gugus Tugas Kudus Lakukan Koordinasi dengan Demak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, pihaknya menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang terdampak. Pemkab Sragen menyadari akan kebutuhan pangan masyarakat yang harus terpenuhi, selama penanganan Covid-19 ini. Jumlah bantuan sembako yang disiapkan mencapai puluhan ribu paket.

”Ada 59 ribu paket yang disiapkan untuk warga terdampak,” kata Yuni, Minggu (19/4/2020).

Tak jauh beda dengan yang dilakukan di Kabupaten Pekalongan. Pemerintah daerah setempat menyiapkan sekitar 73 ribu paket sembako, bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menuturkan, ribuan paket sembako terdistribusi selama dua kali. ”Sembako kami bagi dua tahap, April dan Mei,” jelas Asip saat dikonfirmasi.

blank
TERIMA SEMBAKO: Seorang warga terdampak Covid-19, menerima paket sembako dari Pemkab Sragen. Foto: heri priyono

Terus Membantu
Dia mengungkapkan, bantuan paket sembako di antaranya diberikan untuk kalangan terdampak. Seperti penjual jajajan sekolah, penarik becak, sopir angkot, dan lainnya.

Asip menjelaskan, selain pemkab bantuan juga dilakukan Gerakan ASN Berbagi, lembaga, CSR perusahaan dan juga Baznas.

Di wilayah Pantura Jateng bagian Timur, gerakan berbagi sembako juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Pati. Bupati Pati Haryanto selaku Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 setempat mengatakan, pihaknya terus membantu warga yang terdampak.

Di antara yang sudah disalurkan berupa sembako sebanyak 100 paket dan 1.000 masker. ”Kami sudah berkali-kali mendistribusikan sembako. Besok Selasa (21/4/2020) bagi-bagi sembako lagi, mulai dari para PKL, tukang becak, penyapu jalan, ojek, sopir angkot dan pelaku seni yang tidak bekerja,” terang Haryanto.

Heri Priyono-Riyan