blank
Tim SAR Unit Baturetno dan SAR Induk Wonogiri, melakukan evakuasi korban tewas di perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.(Foto:SAR Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kakek Kasimin (75), yang dilaporkan hilang sejak Kamis malam (17/4) lalu, akhirnya Sabtu pagi (18/4) berhasil ditemukan dalam kondisi tewas mengapung di perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing melalui Kasubag Humas Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, korban adalah warga Dusun Bulu RT 3/RW 1, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri.

Mayat korban, ditemukan mengapung di perairan Waduk Gajahmungkur wilayah Dusun Jeding, Desa Kedungombo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Diperoleh keterangan, Kamis malam (16/4) lalu, SAR Unit Baturetno mendapatkan laporan orang hilang di wilayah Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, yang diduga hanyut oleh arus banjir Kali Wiroko yang muaranya di genangan Waduk Gajahmungkur.

blank
Personel Polsek Baturetno Polres Wonogiri, mendatangi lokasi temuan mayat untuk melakukan penanganan.(Foto:SAR Wonogiri)

Bibit Padi
Saksi Miryadi (55) dan Darmo (65), keduanya warga Dusun Surupan dan Dusun Bulu, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, menuturkan, Kamis pagi (16/4), melihat korban ke sawah. Bahkan sempat menawari bibit padi ke Saksi Darmo.

Tapi Kamis siang (16/4), kedua saksi tidak lagi menjumpai Kakek Kasimin. Karena sampai malam tidak kunjung pulang, pihak keluarga melaporkan bahwa Kakek Kasimin hilang. Personel SAR yang mendatangi lokasi sawah korban, menemukan barang-barang miliknya berupa sabit dan cangklekan-nya (tempat sabit yang biasa diikatkan di bagian pinggang), juga sandal. Tapi tidak menemukan keberadaan korban di lokasi.

Pemeriksaan Mayat
Ketua SAR Wonogiri, Iptu Agus Widodo, segera mengirimkan personel SAR Induk Wonogiri untuk membantu SAR Unit Baturetno. Sabtu pagi (18/4), mayat korban ditemukan secara tidak sengaja mengapung di perairan Waduk Gajahmungkur wilayah Dusun Jeding, Desa Kedungombo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

blank
Personel gabungan dari Polsek dan Koramil, melakukan penanganan terhadap kasus mayat mengapung di perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Menyikapi temuan tersebut, polisi segera mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. Hasil pendataan tentang identitasnya, menyebutkan Kakek Kasimin adalah pria kelahiran Wonogiri Tanggal 15 Februari 1945. Bersama petugas medis Puskesmas dilakukan pemeriksaan mayat dan tidak menemukan tanda-tanda mencurigakan. Disimpulkan, korban tewas karena tenggelam di Waduk Gajahmungkur.

blank
Para relawan SAR Unit Baturetno bersama SAR Induk Wonogiri, bertugas melakukan evakuasi terhadap temuan mayat mengapung di perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.(Foto:SAR Wonogiri)

Diduga, korban terpeleset dan kemudian terseret arus banjir Kali Wiroko, sampai akhirnya ditemukan mengapung di perairan Waduk Gajahmungkur wilayah Desa Keudngombo, Kecamatan Baturetno, Wonogiri.

Usai pemeriksaan, mayat Kakek Kasimin selanjutnya diserahkan ke Polsek Nguntoronadi. Untuk selanjutnya diserahkan ke pihak keluarganya dengan disaksikan pamong desa, guna dimakamkan di desa asalnya.

Bambang Pur