blank
PASANG MASKER : Bhabinkamtibmas Desa Todanan, Blora, Brigadir (Pol) Suwanto Santiko, memberikan bantuan masker dan memasangkan dengan cara benar kepada salah satu warga. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) — Cara unik dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Todanan, Polres Blora, Jawa Tengah, dalam melakukan social distanscing dan pembangian masker dalam upaya mencegah pesebaran virus corona.

Caranya, personil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) keliling desa menggunakan kereta mini (kelinci), sambil sosialisasi (woro-woro) menggunakan pengeras suara krpada warga.

Seperti dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Todanan Brigadir (Pol) Suwanto Santiko, Minggu (12/4/2020), bersama komunitas motor Blora King Independen Todanan (Blakit) melakukan kegiatan pencegahan Covid-19.

Tidak hanya woro-woro, dengan didukung anggota Blakit itu, Suwanto Santiko juga melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas desa binaannya, yakni untuk mencegah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Menurut Bhabinkamtibmas Brigadir Suwanto, berawal dari keprihatinan masih ada warga yang kurang sadar akan pentingnya menaati instruksi pemerintah terkait corona, langkah bersama tersebut sebagai salah satu solusinya.

Jaga Jarak

blank
KERETA MINI : Dengan menggunakan kereta mini (kereta kelinci), anggota Bhabinkamtibmas Desa Todanan, Blora, Brigadir (Pol) Suwanto Santiko bersama Komunitas Blakit, bagi-bagi masker di jalan raya. Foto : SB/Wahono

Bahkan saat beraktivitas diluar rumah, lanjtunya, masih banyak warga tidak menggunakan masker, nongkrong di warung-warung tanpa memperhatikan social distancing (pembatasan sosial atau jaga jarak).

“Tujuan kami ingin mengajak warga waspada Covid-19, dan menaati instruksi pemerintah, alhamdulilah didukung Blakit Todanan,” kata Suwanto.

Bersama anggota Blakit, Bhabinkamtibmas Desa Todanan, Kecamatan Tondanan, Blora, juga membagikan masker kepada warga di wilayah desa binaannya, dan mengingatkan agar tidak kumpul-kumpul.

Sariman (69), salah satu warga Todanan, menyampaikan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas telah memberi bantuan masker, dan tempat ibadah di ddekta rumahnya disteril dengan penyemprotan disinfektan.

Terpisah Kapolsek Todanan, Iptu (Pol) Isnaeni, menambahkan hingga saat ini Polsek Todanan telah membagikan ratusan masker untuk warga di wiloayah Kecamatan Todanan, dan aksi sosial akan terus digelar hingga Covid-19 hilang.

“Sudah ratusan masker kami bagikan, giatkan sosialisasi social distancing, dan penyemporotan disinfektan di berbagai lokasi, dengan harapan Covid-19 segera hilasng,” Iptu (Pol) Isnaeni.

Wahono-Wahyu