blank
Purwadi, pasien Covid-19 yang sembuh setelah dirawat di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, menerima bantuan dana dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kanan).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Purwadi, seorang pasien positif Corona Virus Disease (Covid)-19 asal Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama dua pekan di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

Direktur RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Dokter Setyarini, Sabtu (11/4), menyatakan, yang bersangkutan dirawat sejak tanggal 25 Maret 2020 lalu. ”Sudah terkonfirmasi hasil pemeriksaan PCR swab-nya negatif,” tegas Setyarini.

Kepada awak media, pria berusia 28 tahun ini, mengungkapkan, selama menjalani masa isolasi perawatan, selalu berdoa memohon kesembuhan kepada Tuhan. ”Saya selalu berdoa, berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan, memohon ampunan dan bersikap sabar,” ujarnya.

blank
Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto (kanan) memberikan bantuan multivitamin dan sembako kepada Paurwadi yang sembuh dari Covid-19.

Sopir Ekspedisi
Selain itu, pria yang bekerja sebagai sopir ekspedisi jasa antaran barang ini, rajin melakukan olahraga, seperti melakukan push up, sit up dan squat jump, serta yoga. Tujuannya, untuk menjaga kebugaran tubuh dan ingin sehat. Hari-harinya dia makan dengan porsi biasa, tidak pernah konsumsi jamu, tapi disiplin minum obat yang diberikan oleh dokter rumah sakit.

Saat memberikan testimoni kesembuhannya ini, Purwadi tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada dokter dan petugas medis yang merawatnya sampai sembuh. Juga terima kasih kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

Pasien yang sembuh dari Covid-19 ini, menyatakan tidak tahu persis dari mana dulu dia tertular. Yang dia ingat, sebagai petugas ekspedisi, pernah mengantarkan barang ke salah satu perumahan dan menginap di Bogor. Sepulang dari Bogor, merasa tidak enak badan dan tenggorokannya terasa sakit.

Diberikan Bantuan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Sabtu petang (11/4), dari Posko Gugus Tugas Precepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Wopnogiri, menyatakan, kepada yang bersangkutan diberikan bantuan dana dari Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, dan bantuan sembako serta bantuan multivitamin dari GTPP Wonogiri.

blank
Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Plt Sekda Teguh Setiyono (kedua dan kesatu dari kanan), memberikan ucapan selamat kepada pasien yang sembuh darfi Covid-19.

Ikut hadir dalam acara pemulangan pasien yang sembuh dari Covid-19 ini, Kapolres AKBP Christian Tobing bersama Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, Plt Sekda Wonogiri Teguh Setiyono selaku Ketua GTPP, Kepala Dinkes Dokter Adhi Dharma bersama jajaran terkait lainnya.

Dari Posko GTPP Wonogiri, Kepala BPBD Bambang Haryanto, menyatakan, berdasarkan data kondisi terkini tercatat jumlah ODP ada sebanyak 247 orang,  PDP 23 (6 masih dalam perawatan dan 17 dinyatakan sembuh). Kasus positif ada 2 (1 telah meninggal dan 1 orang berdasarkan hasil konversi terakhir negatif dan dinyatakan sembuh dari Covid-19).

Selanjutnya kepada pasien yang dipulangkan, diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumah selama masa waktu 14 hari, dengan tetap menerapkan protokol social dan physical distancing. Juga wajib untuk selalu mengenakan masker.

Bambang Pur