blank
Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Yususf Darmawan(baju batik merah motif putih) berdiri di depan kelas.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID) – SMK Muhammadiyah III Weleri gelar Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk siswa kelas I dan II dengan menggunakan sistem aplikasi edmodo.

Sistem aplikasi tersebut dapat didownload melalui aplikasi plystour. Praktiknya peserta penilaian tengah semester bergabung di kelas yang sudah dibuat oleh panitia pelaksana.

“PTS digelar mulai Senin(6/4) kemarin dan berakhir Sabtu(11/4) mendatang. Semua soal dimasukan ke aplikasi edmodo. Peserta mengerjakan soal PTS sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang diujikan perharinya,” kata Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Yususf Darmawan didampingi panitia pelaksana PTS Edward Harlin, Rabu (8/4).

Yusuf Darmawan mengatakan, jawaban soal penilaian tengah semester yang dikerjakan peserta melalui handphone (HP) dikirimkan ke panitia pelaksana melalui sistem aplikasi edmudo. Sedangkan jawaban soal PTS oleh panitia langsung didistribusikan ke guru-gurunya.

“Panitia mengendalikan PTS dari ruang Simdik, dan diikuti sebanyak 1.500 peserta dari kelas I dan II,” ungkap Yusuf Darmawan.

Yusuf Darmawan menjelaskan, sebelumnya, pada Maret pihaknya sudah menggelar ujian sekolah, karena ujian tersebut diserahkan ke masing-masing sekolah. Pelaksanaannya pada tanggal 2-14 Maret 2020 dan diikuti sebanyak 512 peserta.

“Untuk Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) tidak ada. Karena ketentuan pemerintah seperti itu,” terangnya.

Yusuf Darmawan menambahkan bahwa, penentuan kelulusan anak didik kelas III, yaitu dengan menggunakan nilai semester I hingga semester V dan ujian sekolah ditambah nilai semester VI, serta masih ditambah dengan nilai praktik dan lain sebagainya.

“Kita sudah tidak ada lagi tatap muka dengan siswa kelas III. Nantinya untuk pengumuman kelulusan siswa kelas III tidak akan menggelar wisuda,” pungkasnya.

Agung-mm