blank
Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen memberikan keterangan di Kantor Dinas Kesehatan, Rabu 8/4 malam. (Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pasien positif corona pria warga Kebumen berinisial YP, berusia 65 tahun, Rabu 8/4 sore meninggal dunia saat akan dirujuk ke RS Margono Soekarjo Purwokerto. Pria ini meninggal Pukul 14.00 dalam perjalanan di daerah Kemranjen Banyumas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Dwi Budi Satrio maupun Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Cokroaminoto Rabu malam membenarkan hal tersebut

Menurut Budi Satrio, dengan meninggalnya YP kini ada dua pasien positif Covid-19 yang meninggal dalam perawatan, sedang satu orang positif corona masih dirawat di rumah sakit lini II.

Dia jelaskan, pria 65 tahun ini sudah dirawat di rumah sakit lini II sejak 25 Maret lalu dengan gejala demam dan sesak nafas. Pasien juga telah dilakukan uji swab. Hasil pemeriksaan laborat di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta yang bersangkutan dinyatakan positif corona.

Pada Rabu 8/4 pagi, pihak keluarga berinisiatif memindahkan pasien ke rumah sakit rujukan di Yogyakarta namun batal. Akhirnya pasien hendak dibawa ke rumah sakit rujukan lini I di Purwokerto. Namun dalam perjalanan keburu meninggal.

Dari hasil contact tracking, pasien 2 Covid-19 ini pernah ada kontak langsung dengan pasien 1 Covid-19 yang sudah meninggal. Pria 65 tahun ini juga pernah pergi ke daerah terdampak corona. Selain itu juga punya riwayat penyakit diabetes.

“Jenazah pria 65 tahun ini dimakamkan di makam RSUD sudah sesuatu prosedur malam ini,”imbuh Budi Satrio.

Hingga Rabu 8/4 ini di Kabupaten Kebumen jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.894 orang. Proses pemantauan 1.282 orang dan 612 orang selesai pemantauan. Pasien dalam pengawasan (PDP) 64 orang, positif corona 3 orang dan yang meninggal 2 orang.

Komper Wardopo-Wahyu