Bagikan
Alwi Bahtiar saat mengikuti pertukaran mahasiswa di Korea

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula telah dikenal secara nasional karena memiliki prestasi robotik yang sangat mentereng dalam hampir semua lomba robotik resmi di lingkup regional dan nasional.

Dominasi robotik Fakultas Teknologi Industri Unissula bahkan pernah berhasil menembus kompetisi internasional di Amerika Serikat dengan menjadi Juara umum pada Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest pada 2-3 April 2016 di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center di kota Hartford.

Salah satu fakta menarik lainnya yakni banyaknya mahasiswa dari FTI Unissula yang go internasional melalui berbagai program misalnya saja Alwi Bahtiar yang berhasil mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Dongseo University, Korea Selatan, selama empat bulan terhitung 28 Agustus – 28 Desember 2018.

Di saat wabah Covid 19 merebak seperti saat ini mahasiswa Magister Teknik Elektro Unissula juga berhasil membuat chamber disinfektan yang disumbangkan ke beberapa rumah sakit, pondok pesantren dan Lembaga pendidikan lainnya. Hal itu membuktikan bahwa mahasiswa mahasiswa FTI Unissula selain kompeten juga punya kepedulian yang tinggi.

Selain prestasi mahasiswanya prestasi dosen pengajarnya juga tak kalah keren. Misalnya saja prestasi Dekan Fakultas Teknologi Industri Unissula Dr Arttini Dwi Prasetyowati MSi yang meraih hak paten dari Kemenkumham RI atas temuannya yakni alat dan metode penghapus bising adaptif LMS (least mean square) dengan modifikasi untuk ruang kerja, yang serahkan secara simbolis tahun 2019 lalu. Bagi anda yang tertarik  lebih mendalam tentang FTI Unissula berikut profil singkatnya.

Prodi S1 Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan tingkah laku elektron sebagai pembawa informasi.

Termasuk di dalamnya adalah elektonika, listrik dan komputer. Disiplin ilmu ini mempelajari teknologi perancangan suatu sistem maupun sub sistem yang menggunakan piranti elektronis sehingga bermanfaat untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang sulit dilakukan manusia.

Disiplin ilmu ini termasuk ilmu yang paling menantang dalam menghadapi perkembangan teknologi tinggi yang sedemikian pesat perkembangannya.

Jurusan Teknik Elektro Unissula dimaksudkan untuk mencetak sarjana yang memiliki keahlian dan keilmuan yang tinggi dengan diadasari kepribadian yang baik.

Selain itu para lulusan diharapkan memiliki kemampuan bekerja ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta punya motivasi tinggi untuk senantiasa mengembangkan dan mengembangkan keilmuan yang telah dimiliki. Prodi ini memiliki dua jurusan yakni Teknik Tenaga Listrik dan Teknik Elektronika Kendali.

Prodi S1 Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan jurusan yang memberikan gambaran yang lengkap mengenai teknologi informasi modern melalui kurikulum yang telah disusun.

Persiapan bagi para mahasiswa untuk masuk dalam dunia kerja atau untuk studi lanjut dimulai sejak awal. Program ini menyediakan mata kuliah-mata kuliah inti yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk dapat mengerti tentang teknologi informasi dan mendorong mahasiswa untuk memiliki spesialisasi sesuai dengan bidang yang diminati, seperti pada multimedia, distributed system dan telematika.

Program studi ini juga memiliki karakteristik yang bercakupan luas, pengambilan mata kuliah yang fleksibel, kualitas pengajaran dan praktek yang didukung oleh laboratorium yang lengkap.

Program ini terdiri dari mata kuliah-mata kuliah inti seperti matematika, bahasa pemrograman, networking, basis data dan lain sebagainya. Para mahasiswa juga dapat mempelajari mata kuliah pilihan lanjut, seperti misalnya e-commerce, software engineering, multimedia, network security, dan lain sebagainya.

Prodi S1 Teknik Industri

Pada prodi S1 Teknik Industri Unissula para mahasiswanya dibekali berbagai ilmu pengetahuan sehingga lulusannya dapat menjadi tenaga ahli yang terampil dalam mengelola sistem produksi atau sistem industri yang melibatkan komponen-komponen manusia, material, mesin/fasiltas produksi lainnya, energi dan informasi secara integral.

Keunggulan:

Fakultas Teknologi Industri memiliki tim robotik yang dibentuk sejak 2006 dan telah berhasil menjadi juara di berbagai kompetisi regional, nasional dan internasional

Juara umum kontes robot international dalam ajang Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest pada 2-3 April 2016 di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center Hartford, Amerika Serikat

Juara Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 11- 14 Juni 2015.

Juara Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan yang berlangsung di UGM pada 13 Mei 2017

Memiliki tim kincir angin yang pada awal pembentukannya sudah menjadi 10 besar terbaik tingkat nasional

Memiliki mobil ramah lingkungan yaitu Mobil Hybrid dan diakui oleh Musium Rekor Indonesia (MURI)

Memiliki jaringan kerjasama internasional yang secara berkelanjutan setiap tahunnya dapat mengirimkan mahasisiwanya mengikuti pertukaran mahasiswa dengan berbagai universitas di Korea, Belanda, Malaysia, Brunai Darussalam, Pakistan dll

Fasilitas

Ruang kelas yang representative, Ruang studio radio dan televisi, Ruang display inovasi dosen dan mahasiswa, Ruang Robot, Laboratorium miniatur produksi.

Laboratorium Dasar dan Pengukuran,, Laboratorium Mikrokontroler, Laboratorium Tenaga, Laboratorium Informatika, Laboratorium Sipo (Statistik dan Optimasi).

Myongji University Korea Selatan untuk program student exchange, dual degree, dan research, International Islamic University Malaysia dalam program student exchange.

International Islamic University Islamabad Pakistan dalam bidang pendidikan, karya ilmiah, dan beasiswa. Dongseo University dalam program student exchange dan research

Institute of Advanced Engineering and Science Indonesia-Section (IAES) di bidang penelitian dan pengembangan iptek. Albaha University dalam bidang penelitian dan pengembangan iptek.

Prospek Lulusan

  1. Dapat menjadi wirausahawan muda di bidang teknik elektro, industri IT kreatif, teknik industri dan teknik komputer.
  2. Menjadi lulusan profesional di bidang elektro arus kuat sehingga mampu bekerja di bidangnya, seperti di bidang pembangkit listrik dan lainnya.
  3. Menjadi lulusan yang profesional di bidang arus lemah, misalnya lulusan yang mampu bekerja di instansi dan industri pada bidang kendali/kontrol dan telekomunikasi.
  4. Menjadi lulusan yang profesional di bidang industri, baik industr kecil, menengah maupun besar
  5. Profesional di bidang informatika dan komputer, baik dalam sistem informasi maupun rekayasa perangkat lunak

Info Pendaftaran

Mari bergabung dengan Fakultas Teknologi Industri Unissula dengan mendaftar segera secara online di: pmb.unissula.ac.id (jalur raport) atau melalui sekolah mitra pmb.unissula.ac.id (pendaftaran mitra). informasi lebih lanjut hotline 08122011062

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here