Bagikan
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Magelang, dokter Sri Harso menyerahkan bingkisan sembako secara simbolis kepada Lurah Jurangombo Utara, Tatok Sulistiyono, (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Forum Tanggungjawab Lingkungan Sosial Perusahaan (TJLSP) atau Forum CSR (Corporate Social Responsibility) Kota Magelang menyerahkan bingkisan sembako kepada 19 Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Virus Diseases (Covid-19) di Kelurahan Rejowinangun Utara, Rabu (8/4).

Secara simbolis bingkisan sembako diserahkan Ketua Forum TJLSP Joko Budiyono kepada Lurah Rejowinangun Utara Tatok Sulistiyono, di aula kelurahan tersebut.

Joko yang juga Sekda Kota Magelang mengapresiasi warga yang melakukan isolasi mandiri. Warga yang melakukan isolasi ini tidak bekerja padahal keluarga dan dia butuh makan.

Bingkisan sembako ini sebagai upaya untuk meringankan beban warga yang menjalani isolasi mandiri. Karena mereka di rumahtidak ke mana-mana dan tidak bekerja.

‘’Saya berharap warga lainnya meniru apa yang dilakukan warga Rejowinangun Utara melakukan isolasi mandiri. Kesadaran ini menjadikan warga kompak memutus mata rantai Penyebaran Covid-19,’’ harapnya.

Lurah Rejowinangun Utara Tatok Sulistiyono mengemukakan, ODP kebanyakan warga yang pulang merantau termasuk dari daerah episentrum Covid-19, yaitu Jakarta dan sekitarnya.

Dirinya telah menginstruksikan kepada RT dan RW untuk mendata warga yang baru datang. Entah yang bersangkutan daftar sendiri atau tidak, pihak lingkungan wajib melaporkannya.

‘’Petugas kesehatan dan puskesmas akan mendata untuk memantay pergerakan orang itu, baik masuk ODP atau tidak. Kepedulian ini penting untuk memantau lalu lintas orang di saat pandemic Covid-19,’’ tegasnya.

Petugas Kesehatan Puskesmas Pembantu Rejowinangun Utara dokter Therisa menerangkan, kebanyakan ODP adalah warga yang baru pulang dari perantauan, jumlahnya 19 orang. Kondisi mereka baik dan belum mengalami gejala klinis Covid-19.

‘’Setiap hari kita memantau untuk mengantisipasi jika mereka ada yang sakit atau ke luar rumah dan kontak dengan orang di luar,’’ tuturnya.

Dari 19 ODP, lanjutnya, ada hampir selesai melaksanakan isolasi mandiri, dan ada pula yang baru berjalan beberapa hari. Usia mereka bervariasi dan sangat akomodatif terhadap petugas kesehatan.

Paket sembako yang dibagikan terdiri atas 5 kg beras, 2 kg telor, 1 kg minyak goreng dan kecap. Bingkisan  berjumlah 19 orang sesuai jumlah ODP.

Penyerahan bantuan sembako  dihadiri Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto dan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Magelang, dokter Sri Harso. Keduanya juga secara simbolis menyerahkan kepada Lurah Rejowinangun Utara.

Selanjutnya oleh Lurah Tatok, bantuan sembako diserahkan kepada 19 ODP di Kelurahan Rejowinangun Utara. (pro)

Editor : Doddy Ardjono

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here