blank
SEMBAKO : Anggota Polres Blora yang bertugas di Polsek Bogorejo berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Jatim, sedang memantau pergerakan harga sambako di pasar rakyat setempat. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Untuk menjamin kecukupan stok sembako dan kebutuhan pangan bagi masyarakat Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Polres beserta jajarannya melakukan pantauan di sejumlah swalayan dan pasar tradisional.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, menjelaskan pihaknya tidak mau underestimate dengan situasi yang ada. Lantas seluruh jajaran diperintahkan untuk terus memantau situasi pasar.

“Pantauan stok sembako kita lakukan, untuk antisipasi jika ada penimbunan sembako dari spekulan yang ingin mencari keuntungan pribadi ditengah musibah covid – 19,” tandas AKBP Ferry, Selasa (7/4/2020).

Seperti dilakukan Polsek Bogorejo, Polres Blora Selasa, Kapolsek Iptu (Pol) Sumaryono beesama anggotanya melakukan pantauan stok bahan pokok di pasar tradisional kecamatan Bogorejo.

Kapolsek Bogorejo menjelaskan, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan stok dan ketersediaan kebutuhan bahan pangan untuk masyarakat setempat.

“Kami melakukan pantauan untuk memastian stok sembako, dan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional Bogorejo,” jelasnya.

Cegah Penimbunan

Salah satu yang menjadi fokus pemantauan adalah ketersediaan bahan pokok yang ada di pasar dan toko yang ada di wilayah Kecamatan Bogorejo, seperti beras, gula, minya goreng hingga gas elpiji.

Suyati (44), salah satu pedagang sembako di Pasar Rakyat Bogorejo, mengatakan sampai saat ini untuk kesediaan stok sembako masih mormal, cukup dan tidak ada kendala.

Jika ada kenaikan harga, lanjutnya, masih dalam kewajaran dan tidak ada kenaikan harga signifikan. Misal hari ini naik sedikit, besok bisa juga normal lagi, bebernya

Untuk diketahui Polres Blora beserta jajaran selalu jalin sinergi dengan pemerintah kabupaten Blora, Kodim serta stakeholder lainnya, guna memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat Blora, terutama ketersediaan bahan pangan di saat pandemi Covid-19.

“Kami akan terus jalin sinergi dengan instansi terkait, intinya memastikan kesediaan bahan pangan untuk masyarakat,” tandas Kapolres Blora.

Jika ditemukan penimbunan sembako oleh sepekulan atau siapapun, maka akan ada tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, pungkas Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan.

Wahono-Wahyu