blank
Petugas jaga di Posko Terpadu Pencegahan Covid-19 di Terminal Tipe C Sawangan Leksono Wonosobo tengah mendata pemudik yang baru tiba. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Penanggungjawab Lapangan Bidang Logistik Sub Bidang Logistik Non Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo Marsudiono mengatakan, Posko Covid-19 di Reco Kertek ditutup sejak Kamis (2/4) 2020 lalu.

“Penutupan tersebut dilakukan karena ada pengalihan arus lalu lintas dari Parakan Temanggung ke Kertek Wonosobo akibat ada jembatan yang putus dan jalan utama tidak bisa dilewati,” jelas Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Wonosobo itu, Selasa (6/4).

Petugas operasional di lapangan yang terdiri TNI-Polri, Disperkimhub, Satpol PP dan Tenaga Kesehatan pun, katanya, ditarik dan dialihkan ke Posko Covid-19 Tambi Kejajar dan Silento Sapuran. Sehingga Posko Covid-19 di Reco Kertek kini memang dikosongkan

“Karena pengguna jalan dari Semarang dan Temanggung yang mau ke Wonosobo beralih lewat Tambi Kejajar. Pengguna jalan dari Magelang dan Yogyakarta yang mau masuk Wonosobo melintas lewat Silento Sapuran,” paparnya.

Belum Jadi

blank
Petugas terpadu Posko Pencegahan Covid-19 di Wonosobo siap siaga 24 jam untuk melayani masyarakat yang membutuhkan penanganan. Foto : SB/Muharno Zarka

Sementara itu, fasilitas air cuci tangan bagi pemudik di luar Terminal Tipe C Sawangan Leksono yang mati saat anggota DPRD Wonosobo melakukan sidak ke lapangan, masih dalam proses pembangunan dan perbaikan. Dalam waktu dekat, air kran akan mengalir dan sabun untuk cuci tangan disediakan.

“Posko Covid-19 yang berada di dalam Terminal Tipe C Sawangan Leksono sudah siap siaga, baik personil maupun perlengkapannya. Petugas jaga bekerja selama tiga shif, yakni pagi-siang (jam 07.00-15.00 WIB), sore-malam (pukul 15.00-22.00 WIB) dan malam-pagi (jam 22.00-07.00 WIB),” bebernya.

Adapun Posko Covid-19 di Terminal Tipe A Mendolo menjadi tanggungjawab Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mendolo dibawah kendali langsung Kementerian Perhubungan RI. Posko Covid-19 Pemkab Wonosobo hanya di 6 titik yakni di Dieng, Tambi, Silento, Sawangan, Wadaslintang dan Reco Kertek.

“Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo mohon dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Informasi di atas sekaligus sebagai jawaban atas temuan dalam sidak yang dilakukan anggota DPRD setempat kemarin,” tandasnya.

Muharno Zarka-Wahyu