Bagikan
BAGIKAN BINGKISAN - Relawan @YukSedekah tengah membagikan bingkisan kepada sopir angkot.

SLAWI (SUARABARU.ID) – Wabah virus corona atau covid-19 di tanah air berdampak pada seluruh lapisan masyarakat. Khususnya para pekerja informal seperti tukang becak, supir angkot, driver ojek, tukang parkir hingga buruh harian yang mengakibatkan pendapatannya menurun drastis.

Tak mau tinggal diam, sejumlah kawula muda di Slawi tergerak hatinya untuk membantu para pekerja informal dengan cara turun ke jalan membagikan nasi bungkus maupun sembako.

Salah satu relawan anak muda tersebut, Gigih Firman (24) menjelaskan bahwa semuanya bermula dari obrolan di grup whatsapp. “Kita niatnya membantu masyarakat kecil yang benar-benar merasakan dampak Covid-19,” kata Gigih, saat ditemui di kawasan Pasar Balamoa, Selasa (7/4) siang tadi.

“Setelah diobrolin dengan teman-teman, kita langsung bikin Instagram dan Twitter dengan nama @YukSedekahTegal. Alhamdulillah antusiasme dari teman-teman untuk berdonasi sangat luar biasa,” lanjutnya.

Gigih menambahkan pembagian berlangsung setiap hari pada jam menjelang makan siang. Tak hanya nasi bungkus, Yuk Sedekah Tegal juga membagikan sembako dan masker. Sistem pembagiannya pun, lanjut Gigih dilakukan perkecamatan.

Jika dalam satu hari tersebut belum menyeluruh, maka akan dilanjutkan pada keesokan harinya. “Pembagian perdana kami pada tanggal 2 April 2020 kemarin dan akan berlangsung setiap hari selama ada stok donasi. Hingga saat ini tercatat donasi yang masuk sudah Rp 13.032.000,” ujarnya.

Ditanya soal bagaimana cara berdonasi, Gigih mengatakan para donatur dapat menyumbangkan uang, nasi bungkus, sembako maupun masker. Untuk uang dapat transfer melalui rekening Bank Jateng 2035235771 atas nama Oka Imanidar ataupun rekening BRI 0661-01-018545-50-3 atas nama Gigih Firman.

Setelah mengirimkan transfer, para donatur dapat mengkonfirmasi ke nomor 089677261235. Selain via transfer juga dapat dikumpulkan Posko Yuk Sedekah Tegal di Kataro Petshop Jalan Dr Soetomo No. L13, Slawi Kulon.

Nur Muktiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here