blank
Suasana Pabrik IGN Cepiring saat produksi gula mentah.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, melakukan kunjungan ke Pasar Kaliwungu Kendal, sekaligus melakukan kunjungan ke Pabrik Industri Gula Nusantara(IGN) untuk meninjau kesiapan pengolahan dan distribusinya, Selasa(7/4).

Kunjungan menteri perdagangan bersama rombongan diterima oleh manajemen IGN serta didampingi oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa.

Agus Suparmanto mengatakan, IGN saat ini akan mengimpor raw sugar atau gula mentah sebanyak 77 ribu ton. Saat ini sudah masuk ke IGN sebanyak 20 ribu ton dan nanti dalam dua atau tiga hari akan diproduksi.

Perharinya yang bakal diproduksi sebanyak 800 ton sesuai kemampuan dari Pabrik IGN di luar musim giling.

“Alchamdulillah stok gula ini cukup sampai menghadapi lebaran hinga Juni 2020 dan harga akan sesuai dengan harapan yaitu Rp 12.500. Karena, pabrik ini akan menjual ke distributor seharga Rp 10.500 dan di tingkat pasar harganya tidak akan lebih dari Rp 12.500,”kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Direktur HRD & Umum PT IGN, M Burhan Murtaki, mengatakan, pabrik IGN mendapatkan alokasi izin impor raw sugar atau gula mentah untuk mendukung pemerintah dalam melakukan stabilisasi harga gula pasir di pasaran.

“Kami berterima kasih dapat dipercaya untuk mendukung program pemerintah dengan diberikan izin impor gula mentah. Sehingga kami bisa mengoptimalkan opersional pabrik tetap dapat berjalan walaupun di luar musim giling,” kata Direktur HRD & Umum PT IGN, M Burhan Murtaki.

Menurut M Burhan Murtaki, tentunya hal ini juga bisa membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah, mengingat pabrik IGN pernah berhenti operasionalnya selama lebih dari tiga tahun karena kesulitan bahan baku.

“Kami akan lakukan yang terbaik,”ujar M Burhan Murtaki.

Dikatakan bahwa, pabrik IGN mampu mengolah sekitar 800 ton gula mentah perhari ketika di luar musim giling. Diharapkan, dengan akan diproduksinya gula mentah ini, IGN dapat segera membantu pemerintah untuk mengatasi kekurangan gula konsumsi di Pulau Jawa dan berbagai daerah di Indonesia. Rencananya, produksi gula IGN juga akan memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.Agung-mm