blank
Petugas Damkar Kabupaten Grobogan saat melakukan pendinginan api di Bengkel Las Abadi, di Dusun Gendingan, Desa Depok, Kecamatan Toroh. Foto : Hana Eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pemilik bengkel las “Abadi”, Sugiyono, tidak menyangka pengerjaan las pada bodi samping mobil pelanggannya muncul percikan api dan menyebabkan kebakaran hebat, Minggu (5/4/2020). Insiden ini terjadi di bengkel yang berlokasi di Dusun Gendingan, Desa Depok, Kecamatan Toroh.

Akibat kejadian ini, dua unit kendaraan roda dua dan ssebuah pikap warna hitam dengan nopol K 1869 NP hangus terbakar.

Dari keterangan yang diperoleh suarabaru.id, kejadian ini diawali saat Sugiyono sedang mengerjakan las pada rangka sebelah kiri bodi samping pikap. Saat melakukan pengelasan, bagian depan samping kiri pintunya ditutup rapat.

Tiba-tiba muncul percikan api dari dalam mobil. Tepatnya di bagian jok kemudi. Percikan api ini menjadi besar dan menyambar dua unit sepeda motor yang berada di dekatnya.
Kedua sepeda motor itu masing-masing satu sepeda motor Honda Beat dengan nopol K 2517 KZ milik Sugiyono dan Honda Vario hitam milik Hartoyo, karyawan bengkel las tersebut.

Dibantu para warga, Sugiyono berusaha semampunya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api terus berkorbar. Warga yang mengetahui insiden ini kemudian melaporkan ke Polsek Toroh.

Dari keterangan Kapolsek Toroh, AKP Sucipto menjelaskan, pemilik bengkel beserta karyawan dan warga sekitar berusaha memadamkan api, namun api yang semakin membesar dan menjalar membuat mobil pikap dan dua motor tadi hangus terbakar.

“Surat-surat penting di mobil , seperti STNK dan buku uji juga ikut hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Setelah dipadamkan, kami bersama tim Inafis Polres Grobogan langsung mengadakan olah TKP,” katanya.

AKP Sucipto menjelaskan, bagian jok kemudi mobil ini merupakan tempat penyimpanan mesin. Di dalam mesin tersebut terdapat tempat bensin. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang dialami para korban ditaksir mencapai Rp 100 juta. Selain itu, polisi juga menyita sisa ban dan radiator dari masing-masing KBM yang terbakar.

Hana Eswe-Wahyu