blank
PERIKSA PENUMPANG: Beberapa petugas saat memeriksa penumpang yang turun dari bus malam Antar Kota Antar Provinsi, di pos pemantauan Karangawen. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Menyikapi makin banyaknya warga pendatang atau pemudik yang masuk di wilayah Kabupaten Demak, membuat petugas gabungan TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP beserta tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Demak, gencarkan tindakan pencegahan virus Corona.

Salah satunya pengawasan dan pengecekan kesehatan bagi pemudik yang baru datang dengan menggunakan angkutan umum berupa bus malam, yang turun di depan RSUD Sultan Fatah Kecamatan Karangawen, Jumat (3/4/2020) dini hari WIB.

BACA JUGA : Pantauan Kepulangan Pemudik Butuh Kerja Sama Intensif

Tidak mau kecolongan, petugas gabungan di Posko Pantau Kesehatan Karangawen itu, memeriksa satu demi satu pemudik dari luar kota yang baru datang.

”Aparat gabungan yang bertugas, langsung memeriksa warga pendatang yang kebanyakan berasal dari Jakarta, serta dari wilayah blora,” ujar Pjs Danramil 13/Karangawen, Kapten (Arm) Imam Sunandar.

Dikatakan dia, ada peningkatan warga yang masuk ke wilayah Kecamatan Karangawen. Hal itu dimungkinkan salah satu dampak dari kebijakan pemerintah yang meliburkan aktivitas warga, untuk antisipasi virus Corona.

blank
PASANG BALIHO: Sejumlah masyarakat dengan dibantu aparat, memasang baliho berupa pengumuman pemeriksaan penumpang. Foto: rudy

”Sudah beberapa hari ini ada peningkatan pendatang. Untuk itulah, pengecekan lebih kita intensifkan lago,” tambah Imam, dalam keterangannya.

Dalam pengawasan itu, para pendatang di cek suhu tubuhnya, serta pemeriksaan kesehatan lainnya. Selain pemeriksaan di perbatasan, warga pendatang nantinya juga diwajibkan untuk lapor ke pemerintah desa, guna dilakukan pemantauan kesehatan di puskesmas setempat.

Rudy-Riyan