blank
Kapolsek Penawangan, AKP Sapto memimpin briefing sambil berjemur bersama anggotanya. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID)  Sebagai garda terdepan dalam penanganan pencegahan penyebaran covid-19, personel kepolisian tetap menjaga imunitas agar kondisi tubuh tetap prima saat melayani masyarakat. Berbagai cara dilakukan para personel untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

Di Polsek Penawangan, misalnya, Kapolsek Penawangan, AKP Saptono Widyo, bersama jajarannya melakukan rapat koordinasi sambil berjemur. Kegiatan ini dilakukan di halaman depan Mapolsek Penawangan, Jumat (3/4/2020).

AKP Sapto mengatakan, usai melakukan apel bersama, dirinya secara spontan mengajak para personelnya briefing sambil berjemur. Biasanya, kegiatan rapat singkat dilakukan di dalam kantor.

blank
Personel Polsek Karangrayung berolahraga rutin di halaman Mapolsek. Foto : Hana Eswe.

Kali ini, AKP Sapto langsung meminta para personelnya menyiapkan kursi dan meja serta dan makanan sehat berupa puding, bubur kacang ijo dan telur rebus.

Instruksi tersebut langsung dilakukan para anggota Polsek Penawangan. Mereka menata kursi dan meja berbahan kayu jati itu ke bagian halaman. Sebagian lainnya, menyiapkan makanan dan menatanya di atas meja.

Dengan mengenakan seragam olahraga, AKP Sapto langsung memulai briefing dengan obrolan ringan hingga membahas program kegiatan harian selanjutnya. Sekitar pukul 10.00 WIB, mereka melakukan gerakan untuk berjemur.

“Kita lakukan briefing sembari berjemur untuk meningkatkan imun tubuh. Ini harus kita lakukan sebab kami sebagai personel kepolisian juga termasuk garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19. Selain itu, kita juga menyantap puding, bubur kacang ijo dan telur rebus
supaya kami semua tetap kuat dan sehat,” jelas AKP Sapto.

Hal serupa juga dilakukan jajaran Polsek Karangrayung. Para personel diajak untuk berolahraga bersama. Dipimpin Kapolsek Karangrayung, AKP Lamsir, para personel terlebih dulu melakukan
pemanasan di halaman Mapolsek Karangrayung.

blank
Usai briefing, Kapolsek Penawangan dan jajarannya menyantap makanan yang disajikan. Foto : Hana Eswe.

Usai pemanasan, para personel langsung berolahraga melakukan gerakan yang diinstruksikan kapolsek. Selesai berlari, para personel duduk sambil berjemur di halaman kantor. Selama 15 menit, mereka berjemur di bawah sinar matahari.

AKP Lamsir mengatakan, para personel Polsek Karangrayung tetap harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit. Hal itu perlu dilakukan sebelum turun ke lapangan untuk membantu masyarakat.

“Kami personel Polsek Karangrayung mengawali diri dengan menyelamatkan diri, keluarga, baru menyelamatkan orang lain. Demi kemanusiaan, Polsek Karangrayung tidak mengenal waktu. Dan kegiatan hari ini, adalah kegiatan rutinitas dan saya yang memimpin. Bagi kami, olahraga wajibhukumnya,” jelas AKP Lamsir.

Hana Eswe-Wahyu