blank
Water Canon yang diterjunkan Polres Kebumen menyemprotkan disinfektan melewati Jalan Ahmad Yani, Selasa, 31/3.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)  – Guna  memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19), Polres Kebumen ikut gencar melakukan penyemprotan disinfektan dengan menerjunkan kendaraan Water Canon menyisir jalan protokol ke penjuru kota, Selasa (31/3).

Penyemprotan ribuan liter disinfektan itu diberangkatkan dari Mapolres Jalan Tentara Pelajar Kelurahan Panjer. Acara dihadiri Forkompinda, mulai Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara, Kajari Erry Pudyanto Marwantono, pejabat BPBD, serta sukarelawan bencana. Rombongan dikawal Satlantas Polres Kebumen.

Kegiatan penyemprotan  secara serentak itu dimulai pagi hari. Sebagian masyarakat Kebumen antusias menunggu penyemprotan disinfektan tersebut. Warga juga mengharapkan penyebaran Covid-19 segera mereda serta bisa diatasi.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan ikut menyemprot disinfektan di Jalan Tentara Pelajar depan Mapolres.(Foto:SB/Ist)

Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan yang juga ikut terjun langsung menyemprot disinfektan di Jalan Tentara Pelajar menuturkan, penyemprotan tersebut sebagai upaya bentuk pencegahan penyebaran virus corona. Pihaknya menerjunkan anggota dibantu TNI dan sukarelawan dengan menyisir sejumlah ruas jalan di dalam kota dan fasiltas publik, temasuk pasar dan stadion.

“Kami berharap kegiatan penyemprotan disinfektan ini bisa dilakukan secara kontinyu. Semoga pandemi corona segera berlalu. Mari masyarakat ikut juga menyemprotkan disinfektan secara mandiri di lingkungannya masing-masing. Yang penting patuhi anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah,”ujar Kapolres.

Dalam kegiatan massal itu Polres juga didukung Kodim 0709, BPBD, Satpol PP,instansi samping serta sukarelawan tanggap bencana. Adapun penyemprotan disinfektan tersebut secara serentak dilakukan sejak dari Mabes Polri, Polda, Polres hingga Polsek.

blank
Kapolres Kebumen dan Forkompinda ikut keliling kota menyemprotkan disinfektan. (Foto:SB/Ist)

Di wilayah kota Kebumen, penyemprotan disinfektan yang diinisiasi Polres itu menyasar ke jalan-jalan protokol, di antaranya Jalan Tentara Pelajar, Indrakila, Ahmad Yani, Pahlawan, HM Sarbini, Letjen Sutoyo, Pemuda, Pramuka dan Kolopaking.

Kemudian fasilitas umum seperti Alun-alun Kebumen, Terminal Bus Jalan Lingkar Selatan, dan Terminal nonbus Jalan Mayjen Sutoyo, kompleks Stadion Chandradimuka, dan Pasar Tumenggungan.

Komper Wardopo