Bagikan
Wrga Kauman Demak saat melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya.(foto: sb/Rudy)

DEMAK (SUARABARU.ID)- Korban virus corona yang semakin hari tambah meningkat, menyadarkan masyarakat untuk turut mencegah penularannya.

Beragam sosialisasi dan imbauan Pemkab menjadikan masyarakat sadar untuk ikut berpartisipasi mencegah virus corona.

Seperti halnya yang dilakukan warga Kauman Bintoro Demak, dengan berswadaya menyediakan bilik penyemprotan disinfektan bagi warga, Minggu (29/3).

Bilik penyemprotan tersebut diletakkan di halaman mushala Al Islah yang diperuntukkan bagi jamaah.

Selain itu warga juga  melakukan  penyemprotan disinfiktan di lingkungan kampung RT 02 dan 03 Kauman. Penyemprotan meliputi halaman rumah waga dan ruang tamu, serta mushala setempat.

Swadaya

Ketua RT 03 Kauman, Syaiful Ulum mengatakan, tindakan itu murni inisiatif dari warga. Pengurus RT sangat mendukung demi kebaikan warga semua.

Penyediaan bilik dan bahan cairan untuk penyemprotan secara swadaya, tidak menunggu bantuan dari tim pemerintah daerah.

Sedangkan bahan disinfiktan dibuat dari bahan-bahan yang dibeli di pasaran dengan iuran warga.

‘’Untuk petugas yang nyemprot dengan memanggul tangki dilakukan bergantian oleh warga,” jelasnya.

Peduli Lingkungan

Inisiatif warga yang positif ini diharapkan mampu menginspirasi warga lainnya, untuk melakukan aksi yang sama, yakni peduli lingkungan yang sehat serta antisipasi penyebaran virus corona.

Mereka bergotong royong serta merelakan rumahnya disemprot dengan membuka pintu dan mempersilakan penyemprotan di tiap ruang rumah.

Dalam situasi wabah nasional, memang perlu adanya kesadaran warga untuk turut membantu pemerintah. Masyarakat wajib sadar akan kebersihan dan kesehatan lingkungan masing-masing, serta dibutuhkan kepedulilian tinggi tanpa harus menunggu bantuan pihak luar.

Rudy/mm 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here