blank
Anggota Banser Kebumen melaukan penyemprotan disinfektan di Gereja Kerasulan Baru Indonesia di Kecamatan Ambal.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Di tengah gerakan memerangi penyebaran Virus Covid-19, aksi simpatik dilakukan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kebumen. Mereka melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Kerasulan Baru di Kecamatan Ambal, Jumat (27/3).

Aksi pemuda Banser itu bekerja sama dengan Lazisnu dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruangan gereja. Mulai lantai, dinding hingga tempat-tempat yang sering disentuh umat seperti meja kursi dan pintu. Setelah melakukan penyemprotan di Gereja Kerasulan Baru Indonesia di Desa Pucangan, Ambal, sukarelawan Banser bergeser ke Gereja Kerasulan Baru Indonesia di Desa Lajer, Ambal.

Tokoh Kristiani dan penggiat “Sedulur Kebumen” di Kecamatan Ambal Hardi Nugroho menuturkan, pihaknya sengaja mengajak anak muda Banser dalam rangka penyemprotan disinfektan mandiri. Hal itu menindaklanjuti edaran dari Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz. Pertimbangannya, kegiatan kemanusiaan itu tidak ada sekat latar belakang suku, agama, ras, golongan atau politik. Namun rakyat Indonesia saat ini harus bersatu melawan Corona.

Pihaknya menyambut baik aksi Banser tersebut. Warga bersama anggota Banser melakukan penyemprotan tempat-tempat umum, temasuk Gereja Kerasulan Baru Indonesia di Desa Pucangan dan Lajer, Kecamatan Ambal serta tempat umum.

“Ini perwujudan  sebagai kesatuan rakyat Indonesia yang beraneka ragam, tetapi dalam melawan musuh kita tetap menjadi satu, satu bangsa Indonesia karena satu Tuhan yang maha Esa,’’jelas pengajar di SMPN 1 Ambal tersebut.

blank
Para anggota Banser Kebumen bersiap melakukan penyemprotan disinfektandi gereja dan tempat umum di Kecamatan Ambal.(Foto:SB/Ist)

Secara terpisah Kasatkoryon Banser Kecamatan Kebumen Zaenul Mustofa menyatakan, aksi jajaran Banser di Kebumen itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas dan keterpanggilan. Sebab saat ini masyarakat menghadapi wabah pandemi corona yang mengancam siapa pun. Bahkan virus corona sudah di depan mata sehingga semua pihak, termasuk Banser sebagai kader NU, harus ikut berpartisipasi memeranginya.

Menurut Zaenul, pihaknya secara mandiri juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah seperti mushala dan masjid. Bahkan aksi serupa telah dilakukan di Desa Kawedusan Kecamatan Kebumen pada Kamis (26/3) dengan menyemprot disinfektan di Mushala At Thahiriyah dan sejumlah rumah warga di lingkungan RT 4 RW 1 Desa Kawedusan.

Komper Wardopo