blank
Kirap Ratu Kalimyamat dalam prosesi buka luwur makam Ratu Kalimyamat ditiadakan tahun ini.

JEPARA,(SUARABARU.ID) – Peringatan  Hari Jadi Jepara dan Hari Kartini di Jepara   yang selama ini dilaksanakan disepajang bulan April, ditiadakan.

Juga beberapa agenda yang mengumpulkan massa disepanjang bulan April menyusul merebaknya virus corona di tanah air. Namun untuk buka luwur makam Rau Kalinmyamat direncanakan tetap dilaksanakan dalam jumlah peserta yang sangat terbatas.

blank
Tidak diadakan tahun ini karena virus corona

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Listiyaza yang dihubungi SuaraBaru.Id  Rabu (25/3-2020) membenarkan tentang pembatalan seluruh kegiatan yang bersifat keramaian dan mengumpulkan massa.

Namun untuk buka luwur makam Rau Kalinmyamat direncanakan tetap dilaksanakan dalam jumlah peserta yang sangat terbatas. “ Sedangkan detailnya akan dibicarakan lebih lanjut,” ujarnya

Sementara itu Indria Mustika,  Ketua MGMP Tata Busana SMK ProvInsi Jawa Tengah yang merencanakan   menggelar Kompetisi Desain dan Peragaan Busana bagi Pemula Tingkat Jawa Tengah memperebutkan tropy Gubernur Jawa Tengah juga telah membatalkan kegiatan untuk waktu yang tidak ditentukan.

Dari data yang dihimpun SuaraBaru.Id, beberapa agenda besar sedianya direncanakan akan digelar dalam rangka peringatan hari jadi mulai Festival Kartini, Kirab Buka Luwur hingga konser Didi Kempot. Kegiatan budaya lain yang kemungkinan gagal digelar adalah Festival Baratan.

Hadi Priyanto