blank
BAGI SELEBARAN: Anggota Kepolisian Resor Batang, saat membagikan selebaran maklumat Polri, tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona. Foto: antara/dok.Kabagops Polres Batang

BATANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah pengendara yang melintas di jalur Pantai Utara Alun-alun Batang, Minggu (22/3/2020), dikagetkan dengan keberadaan Polisi yang menghentikan arus lalu lintas di wilayah itu.

Namun setelah ditelisik, Kepolisian Resor (Polres) Batang, bersama Komando Distrik Militer 0736/Batang, tengah membagikan selebaran surat imbauan pencegahan Covid-19 kepada para pengguna jalan saat itu.

BACA JUGA : Ganjar Perintahkan Satpol PP Jadi Polisi Covid-19

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Batang, AKP Asfauri, mengatakan pembagian selebaran (leaflet) ini, sebagai tidak lanjut maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah, dalam penanganan penyebaran virus Corona.

”Wabah virus Corona sudah ada dimana-mana. Oleh karena itu, kami imbau pada warga atau pengendara, agar menghindari kerumunan massa, dan waspada terhadap penyebaran virus Corona, namun tidak perlu panik,” katanya lagi.

Pada kegiatan itu, Kabagops AKP Asfauri didampingi Kasat Binmas Achmad Almunasifi, juga menyampaikan, perlunya masyarakat menghindari berita bohong (hoaks) terhadap isu yang berkaitan dengan virus Corona.

”Kami minta masyarakat jangan terpancing isu hoaks. Kami akan melakukan tindakan tegas bagi penyebar berita bohong terkait virus Corona,” lanjut dia.

Selain melakukan imbauan pada pengendara, polres juga menggelar kegiatan malam di beberapa titik hiburan kafe dan tempat karaoke, yang tersebar di Kecamatan Batang dan Gringsing.

Dukung Anjuran
Pada kegiatan malam itu, polisi tidak menjumpai adanya aktivitas di tempat hiburan kafe dan karaoke.

”Alhamdulillah, pengelola sadar dan mengikuti anjuran dan imbauan yang dikeluarkan Pemkab Batang, dengan menutup usahanya sementara,” tandas dia.

Sementara itu, salah seorang pengendara sepeda motor Mastofi mengatakan, dirinya siap mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona ini.

”Saya dan keluarga sudah melakukan anjuran pemerintah, agar selalu menggunakan cairan antiseptik untuk cuci tangan, dan mengurangi keluar rumah. Jika tidak ada keperluan penting, kami lebih memilih berada di rumah,” kata dia.

Ant-Riyan